detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 18:02 WIB

Novanto Pelesiran, Kemenkum HAM Jabar Pastikan Tak Ada Praktik Suap

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Novanto Pelesiran, Kemenkum HAM Jabar Pastikan Tak Ada Praktik Suap Setya Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat memastikan tak ada praktik suap di balik pelesiran Setya Novanto ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Novanto justru mengelabui petugas pengawalan.

"Berdasarkan hasil tim pemeriksa yang kita bentuk, sama sekali tidak ada suap," ucap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak di Kantor Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019).


Liberti memastikan itu sebab sebelum kepergok pelesiran, dirinya sudah mendatangi Novanto di rumah sakit Santosa Bandung yang saat itu menjalani perawatan. Saat itu, Liberti memperingatkan Novanto tak macam-macam.

"Pada saat saya melakukan sidak ke rumah sakit, saya sudah peringatkan Setnov. Saya peringatkan kau mau recovery ya recovery saja, bukan yang lain-lain," kata dia.


Namun peringatan itu tak digubris Novanto. Dia justru pelesiran ke toko bangunan di Padalarang. Fotonya lantas beredar. Liberti menyebut Novanto mengibuli petugas pengawalan.

"Ya seperti bapak atau ibu tahu, bukan Kemenkum HAM saja yang dikibuli kalau mau buka backgroundnya dia," kata dia.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur.



Tonton video Jawaban Yasonna di Tengah Desakan Mundur:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com