detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 17:05 WIB

Jumlah Wisatawan Pangandaran Turun Dibanding Libur Lebaran 2018

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumlah Wisatawan Pangandaran Turun Dibanding Libur Lebaran 2018 Suasana Pantai Pangandaran saat libur lebaran. (Foto: Andi Nurroni/detikcom)
Bandung - Sebanyak satu juta wisatawan berkunjung ke Kawasan Wisata Pangandaran selama libur Lebaran 2019. Meski begitu, jumlah wisatawan yang berkunjung justru menurun dibandingkan libur lebaran tahun yang mencapai 1,3 juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Deddy Taufik mengatakan satu juta kunjungan wisatawan tersebut terhitung sejak 1-7 Juni 2019. Ada lima objek wisata Pangandaran yang diminati wisatawan pada libur kali ini.


Jumlah pengunjung terbanyak disumbang dari pantai Pangandaran 730.798 orang dan Pantai Karapyak 89.000 orang. Sementara UPT Cijulang yang memiliki objek Batu Karas, Batu Hiu dan Green Canyon total menyumbang 212 ribu pengunjung.

"Jumlah wisatawan yang masuk ke lima destinasi di Pangandaran totalnya mencapai 1 juta pengunjung lebih," kata Dedi via telepon, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya jumlah wisatawan tahun ini mengalami penurunan dibanding libur Lebaran 2018 lalu yang mencapai 1,3 juta orang. Meski begitu, tahun ini masih melebihi target yang ditetapkan yakni 17 persen.

"Namun jumlah pengunjung masih melebihi target sebesar 17 persen dari yang kita tetapkan," katanya.


Disparbud Jabar mencatat dari satu juta pengunjung tersebut pihaknya bisa menarik retribusi Rp 5 miliar lebih. Tahun lalu, dari satu pekan liburan retribusi yang masuk dari pengunjung tercatat Rp 6,6 miliar lebih.

Kawasan Wisata Pangandaran pada 2019 ini ditarget bisa menarik lima juta pengunjung dengan pemasukan mencapai Rp 28 miliar lebih.

"Masih ada sisa target insyaallah bisa tercapai, mengingat masa liburan masih panjang dan Pangandaran masih jadi destinasi favorit," ucap Dedi.
(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed