detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 13:01 WIB

Polisi: Jumlah Kejadian-Korban Kecelakaan Mudik di Jabar Menurun

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi: Jumlah Kejadian-Korban Kecelakaan Mudik di Jabar Menurun Jumlah kecelakaan dan korban meninggal dunia mudik di Jabar menurun. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Bandung - Sebanyak 11 orang meninggal dunia selama musim mudik Lebaran 2019. Angka itu menurun dibanding musim mudik tahun lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, terdapat 11 orang pemudik yang meninggal di jalan pada tahun 2019 ini. Sementara tahun lalu ada 15 orang.

"Angkanya turun dibandingkan tahun lalu," ucap Truno saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019).


Truno mengatakan secara keseluruhan tingkat kecelakaan pada periode mudik tahun ini di Jawa Barat menurun. Bahkan penurunan mencapai 37 persen.

Pada tahun lalu misalnya, jumlah kecelakaan lalu lintas pemudik di Jabar mencapai 23 kejadian dengan 15 orang meninggal dunia, 3 luka berat dan 23 luka ringan.

Sementara pada mudik tahun ini, jumlah kecelakaan sebanyak 13 kejadian dengan 11 orang meninggal dunia, 7 mengalami luka berat dan 23 luka ringan.

"Untuk jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas hasil anev (analisis dan evaluasi) menurun 37 persen," kata Truno.


Truno menuturkan turunnya angka kecelakaan di Jabar ini dikarenakan beberapa faktor. Selain koordinasi pengamanan lalu lintas seluruh personel di daerah, kelayakan infrastruktur jadi salah satu faktor menurunnya angka kecelakaan.

"Infrastruktur yang lebih baik dibanding tahun lalu, termasuk sarana dan prasarana mempengaruhi turunnya angka kecelakaan lalu lintas. Masyarakat juga sudah lebih baik dalam mempersiapkan dirinya dan kendaraan sebelum mudik," ucapnya.


Dibanding Tahun Lalu, Angka Kecelakaan Turun 64%:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed