detikNews
Senin 10 Juni 2019, 11:29 WIB

Abaikan Bendera Merah, 3 Remaja Bogor Terseret Ombak Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Abaikan Bendera Merah, 3 Remaja Bogor Terseret Ombak Palabuhanratu Remaja asal Bogor yang sempat terseret ombak pantai di Palabuharatu Sukabumi. (Foto: DOK.Balawista Palabuharatu)
Sukabumi - Tiga remaja asal Bogor, Galih (17), Arya (14) dan Pabi Sudatman (16), terseret ombak Pantai Istiqomah, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 07.00 WIB, Senin (10/6/2019). Ketiganya diketahui tengah berenang di tepian pantai bersama teman-temannya. Nyawa mereka selamat.

Di lokasi tersebut sebenarnya terpasang bendera merah tanda larangan berenang. Sejumlah petugas lifeguard Balawista berulangkali memperingatkan mereka agar tidak berenang di sekitar lokasi.

"Posisi mereka berenang di area bendera merah, kita peringatkan mereka tapi diabaikan. Sampai tiba-tiba datang ombak besar dan dua orang korban terbawa hingga ke tengah, situasi mulai panik. Beberapa teman korban berusaha menolong, tapi satu di antaranya malah ikut terbawa arus," kata Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom kepada detikcom.


Penjaga pantai bergegas menolong tiga remaja tersebut menggunakan pelampung dan papan seluncur. Petugas berhasil menyelamatkan mereka. Salah satu remaja yang tersapu ombak, Pabi, sempat meminum banyak air laut. Dia langsung dibawa petugas medis ke RSUD Palabuhanratu.

"Dua korban kondisinya bagus. Satu orang lagi terpaksa kita bawa ke rumah sakit karena terlalu banyak minum air laut," ujar Asep.

Asep menegaskan insiden tersebut bisa dicegah bila wisatawan mematuhi tanda larangan dan mendengarkan imbauan dari petugas. "Mayoritas korban yang terseret arus adalah mereka yang mengabaikan tanda larangan dan imbauan. Merasa bisa berenang, padahal kondisi pantai selatan tidak seperti berenang di air tenang sewaktu-waktu bisa tiba-tiba pasang," tutur Asep.

Hingga hari ini lifeguard Balawista dibantu Satpaol Airud Polres Sukabumi berhasil menyelamatkan 16 orang terseret arus dari 8 kali kejadian yang tersebar di sepanjang pantai teluk Palabuhanratu.




Tonton juga video Lepas Penat dengan Menikmati Kesejukan Pantai Serang:

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed