detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 19:35 WIB

Kenali 4 Jalur Alternatif dari Bandung Menuju Kawasan Wisata Lembang

Yudha Maulana - detikNews
Kenali 4 Jalur Alternatif dari Bandung Menuju Kawasan Wisata Lembang Maribaya, salah satu jalur alternatif menuju Lembang. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Pesona wisata di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menjadi magnet bagi wisatawan dari luar daerah. Untuk menuju Lembang, dari Bandung wisatawan bisa melalui jalur utama Setiabudi. Meski demikian, ada sejumlah jalur alternatif yang bisa dilalui untuk menuju Lembang dari Kota Bandung.
Kenali 4 Jalur Alternatif dari Bandung Menuju Kawasan Wisata LembangJalan Kolonel Masturi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
1. Jalur Sersan Bajuri via Parongpong

Jalan masuk ke jalur ini berada di seberang Terminal Ledeng, tepatnya di sebelah kiri bila melaju dari arah Bandung. Selanjutnya melewati sentra tanaman hias Cihideung sebelum keluar di jalan Kolonel Masturi, Parongpong. Ikuti rambu penunjuk arah menuju Lembang, melewati restoran Imah Seniman dan keluar di simpang Beatrix, Lembang.

Kondisi jalannya mulus dan lebar, sehingga cukup nyaman untuk dilalui. Pastikan mesin dan rem kendaraan dalam kondisi prima karena terdapat beberapa tanjakan dan turunan curam yang harus dilewati.

Sebenarnya ada jalan pintas yang bisa memangkas waktu hingga 15 menit untuk menuju Lembang di jalur ini dengan mengikuti arah restoran Sapoe Lidi via Football Plus dan melewati komplek perumahan sebelum keluar di dekat Kantor Desa Sukajaya.
Kenali 4 Jalur Alternatif dari Bandung Menuju Kawasan Wisata LembangTanjakan Naga. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
2. Jalur Punclut via Ciumbuleuit

Bagi pengendara yang tengah berada di wilayah Cihampelas, bisa mengarahkan kendaraan menuju Ciumbuleuit. Begitu tiba di Ciumbuleuit, lurus saja melewati RSUD dr Salamun dan belok kanan ke Jalan Rereogan Sarupi.

Di jalur ini akan menemukan beberapa tanjakan curam, salah satunya Tanjakan Naga di Pagerwangi. Untuk meneruskan ke Alun-alun Lembang akan keluar di Sesko AU, kemudian ambil jalan menuju Cijeruk dan keluar di Pasar Panorama.

Jalur ini tidak direkomendasikan, terutama saat hujan tiba. Sebab melewati Tanjakan Naga yang cukup panjang dan ekstrem. Selain itu, lebar jalan di sini juga sempit atau hanya memiliki dua lajur.


3. Jalur Punclut Via Dago

Untuk sampai ke jalur ini, belokkan kendaraan ke kiri saat tiba di depan Terminal Dago. Di tempat ini ada turunan yang cukup ekstrem. Ikuti jalur tersebut melewati komplek perumahan, Grand Citra, hingga akhirnya menemukan pertigaan yang terhubung dengan Jalur Punclut.

Jalan di jalur ini cukup mulus karena masuk ke area perumahan mewah. Kendati begitu tetap pastikan rem dan mesin kendaraan dalam kondisi baik.


4. Lembang via Dago Giri


Di wilayah Dago, juga bisa menggunakan jalur alternatif melalui Dago Giri. Untuk masuk ke jalur ini tinggal lurus melewati Terminal Dago dan kemudian ambil lajur kiri saat menemukan jalanan bercabang.

Sama dengan jalur alternatif lainnya, di tempat ini juga akan melewati tanjakan yang cukup panjang hingga keluar di Lawang Wangi yang nantinya mengarah ke wilayah di Maribaya.

Sebaiknya berhati-hati saat melewati jalan ini ketika malam hari. Sebab jalan ini minim penerangan dan juga terdapat beberapa ruas jalan yang berlubang.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed