DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 13:38 WIB

Klinik Ini Jadi yang Pertama Raih Akreditasi Pratama di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Klinik Ini Jadi yang Pertama Raih Akreditasi Pratama di Bandung Klinik Bona Mitra Keluarga jadi yang pertama meraih akreditasi di Kota/Kabupaten Bandung. (Foto: Istimewa)
Bandung - Klinik Bona Mitra Keluarga di Jalan Raya Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi klinik swasta pertama di Kota dan Kabupaten Bandung yang berhasil mendapatkan Akreditasi Klinik Pratama.

Direktur Klinik Bona Mitra Keluarga Yunus Alaan Pakpahan mengatakan akreditasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan. Akreditasi diberikan oleh lembaga independen yang ditetapkan sesuai Permenkes No 46 tahun 2015.

"Tujuan dari akreditasi ini, untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya. Serta Puskesmas Klinik Pratama, tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter gigi sebagai institusi," ujar Yunus dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (25/5/2019).


Menurut Yunus saat ini tidak banyak fasilitas kesehatan baik tingkat pertama dan tingkat kedua (lanjutan) yang sudah terakreditasi. Hal ini menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan dalam menindaklanjuti kerja sama dalam rangka mendukung program pemerintah Universal Health Coverage. Sehingga, kata Yunus, tak heran ada beberapa rumah sakit yang diputus kerja sama oleh pihak BPJS Kesehatan.

"Akreditasi adalah hal yang mutlak untuk dilakukan ketika kita menyadari berharganya nyawa manusia, pentingnya sebuah mutu layanan kesehatan. Bagaimana mungkin pasien bisa sembuh bila kondisi klinik seperti fasilitas dan infrastruktur yang seadanya, pasien datang ke klinik harus sembuh secara 'psikis' terlebih dulu dengan layanan yang diberikan, memang dibutuhkan investasi yang serius di awal," ujarnya.


Sementara itu Ervina Pasaribu selaku dokter penanggung jawab klinik menambahkan bahwa akreditasi adalah sebuah panggilan bersama. Hal itu sama dengan seorang dokter yang terpanggil menolong pasien.

"Semua proses layanan kepada pasien mulai dari pendaftaran hingga proses tahap akhir harus dipastikan sesuai standar atau prosedur yang ditentukan, karena kita menekankan pada zero mistake," ujar Ervina.

Ervina mengatakan hal tersulit dalam akreditasi adalah komitmen bersama. Dibutuhkan komitmen dan keseriusan semua pihak. "Komitmen serta keseriusan tersebut diuji selama proses akreditasi yang cukup menguras waktu dan energi semua pihak. Klinik Bona Mitra Keluarga pun pernah meraih prestasi sebagai Klinik berprestasi se-Kabupaten Bandung pada tahun 2018 lalu," katanya.


Hal senada juga disampaikan Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dr Rianti. Menurutnya Dinkes Kabupaten Bandung mendukung penuh Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit untuk diakreditasi.

"Dinas kesehatan menyambut positif atas inisiatif Klinik Bona Mitra Keluarga menjadi klinik pratama swasta pertama yang terakreditasi se-Kota/Kabupaten Bandung. Semoga langkah baik ini dapat memotivasi klinik lain untuk segera melakukan akreditasi," ujarnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed