detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 03:57 WIB

Mengenal Tiga Jalur Tengkorak di Bandung Barat dan Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Mengenal Tiga Jalur Tengkorak di Bandung Barat dan Cimahi Jalur Cipatat penghubung Bandung Barat dan Cianjur. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Jelang mudik dan libur lebaran Polres Cimahi telah memetakan tiga jalur tengkorak atau rawan kecelakaan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi.

Pertama adalah jalur penghubung KBB dengan Kabupaten Cianjur di Cipatat. Jalur tersebut dikenal memiliki tanjakan curam dan tikungan tajam. Pantauan detikcom, selain dua hal tersebut jalur Cipatat juga kerap dilalui kendaraan bertonase besar karena aktivitas galian kapur di sana. Jalanan terkadang licin akibat ceceran pasir atau bebatuan yang jatuh dari atas truk.

Kemudian, jalur penghubung KBB dengan Kabupaten Purwakarta di Cikalong Wetan. Jalur tanjakan dan turunan yang panjang ditambah jalanan yang mulus, terkadang membuat sejumlah pengendara memacu kendaraannya dengan kecepatan yang tinggi. Memiliki lebar jalan sekitar tujuh meter, jalur Cikalong Wetan ini juga memiliki beberapa tikungan tajam. Kendaraan sumbu dua atau truk trailer kerap melintas di jalur ini.

"Ini juga masuk ke daerah black spot, karena rawan kecelakaan," ujar Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto saat ditemui di Pos 110 Padalarang, KBB, Selasa (21/5/2019).
Mengenal Tiga Jalur Tengkorak di Bandung Barat dan Cimahi (subuh.....)Tanjakan Kolonel Masturi di Cisarua. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Terakhir, tanjakan Kolonel Masturi di Cisarua yang menjadi penghubung Kota Cimahi dan KBB. Jalanan sepanjang 2 kilometer itu pun minim penerangan saat malam.

"Kalau rambu-rambu di Kolonel Masturi, sudah kami pasang sejak dua tahun yang lalu," katanya.

Suharto mengimbau agar pengendara atau pemudik menyiapkan kendaraannya dan mematuhi rambu-rambu lalulintas. "Saat turun atau menanjak biasakan menggunakan gigi rendah untuk menjalankan fungsi engine brake," katanya.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed