DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 17:25 WIB

Kemenhub Temukan 8 Bus Tak Laik di Terminal Indihiang Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
Kemenhub Temukan 8 Bus Tak Laik di Terminal Indihiang Tasikmalaya Sebanyak 8 bus di Terminal Indihiang Tasikmalaya dilarang beroperasi karena tidak laik jalan. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Jelang arus mudik lebaran 2019, Kemeterian Perhubungan melakukan pemeriksaan dan pengecekan bus di Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (16/5/2019) siang.


Ketua Regu Petugas Ramcek Kementerian Perhubungan Suherman menjelaskan dari 20 bus yang diperiksa terdapat 8 yang tidak diizinkan beroperasi. Hal itu lantaran bus tidak laik secara administrasi dan keamanan.

"Dari ramcek rata-rata administrasi trayek habis izin, uji kir mepet dan kita kasih tau sopirnya biar enggak lambat. Yah sekitar sampai 50 persen tidak diizinkan jalan karena langgar administrasi," ujar Suherman.

Petugas melakukan pengecekan seluruh bus yang masuk ke terminal. Satu per satu bus dicek mulai dari administrasi, kelengkapan hingga kelaikan keselamatan.

"Kita periksa semua sampai ban dan wiper. Ini sebagai penunjang di perjalanan agar selamat semua," ucapnya.


Setelah dilakukan pengecekan ada beberapa bus yang tidak dilengkapi sabung pengaman di bagian kemudinya. Saat ditanya sopir berdalih jika hal tersebut sudah biasa baginya.

"Saya bawa bus Jakarta lewat Cianjur lengkap rem tangan, tapi jalan engak ada sabuk pengaman. Sudah biasa, aman lah," ucap salah seorang sopir bernama Ade.


Selain itu, beberapa bus juga diketahui tidak dilengkapi pemecah kaca serta body yang sudah bobrok.

Petugas memastikan kegiatan tersebut akan terus dilakukan setiap hari untuk meminimalisir kecelakaan jelang arus mudik lebaran tahun ini.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed