DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 12:34 WIB

Warga Bandung Barat Serbu Bazar Sembako Murah Ramadhan Kemendag

Yudha Maulana - detikNews
Warga Bandung Barat Serbu Bazar Sembako Murah Ramadhan Kemendag Warga serbu bazar murah di Bandung Barat yang digelar oleh Kementerian Perdagangan. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Sejumlah warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) serbu Bazar Sembako Murah Ramadhan yang digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Kantor Pusat Pengembangan Sumberdaya Kemetrologian, Cihanjuang, pada Kamis (16/5/2019).

Sekitar 30-an stan dari swasta hingga Bulog hadir menjajakan berbagai paket belanja murah. Pantauan detikcom, harga dua liter minyak kemasan dan sabun dibanderol dengan harga Rp 21 ribu. Harga telur ayam negeri dijual dengan harga Rp 21 ribu per kilogram, lebih murah Rp 3 ribu dibandingkan harga jual di pasar. Harga sembako lainnya pun dijual dengan harga yang miring.


Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Supih mengatakan Bazar Sembako Murah Ramadhan ini juga digelar di Jakarta, Sawangan Depok dan Parongpong selama dua hari.

"Tujuannya membantu masyarakat dan supaya pedagang tidak aji mumpung cari untung," ujarnya.


Menurutnya, saat ini stok sembako relatif terjaga dan sesuai permintaan. Sehingga tidak ada alasan pedagang untuk menaikkan harga. Ia pun berharap pemerintah daerah bisa mengkondisikan hal tersebut. Pihaknya juga menggandeng pemerintah daerah agar menindak pedagang yang nakal atau melakukan penimbunan bahan pokok.

Adapun harga naik disebabkan stok kurang atau adanya penimbunan. Seperti halnya bawang putih yang kekurangan stok karena 90 persennya impor.
Warga Bandung Barat Serbu Bazar Sembako Murah Ramadhan KemendagFoto: Yudha Maulana
Iyan Rohaeni (34), warga Cihanjuang, mengatakan kegiatan Bazar Murah Ramadhan ini sangat membantu rakyat. "Saya beli telur satu kilogram sama agar-agar. Bedanya Rp 3000 untuk telur dibandingkan di pasar," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Imas Yuningsih (42), membeli sejumlah bundel kue dan sirup dari salah satu gerai minimarket di bazar. "Lumayan Rp 30 ribu bisa dapat kue dan sirup buat buka puasa. Kalau beli satu-satu bisa lebih dari Rp 50 ribu," katanya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed