DetikNews
Kamis 09 Mei 2019, 18:43 WIB

Warga Majalengka Selamatkan Elang-Ular Bido ke BBKSDA Jabar

Sudirman Wamad. - detikNews
Warga Majalengka Selamatkan Elang-Ular Bido ke BBKSDA Jabar Warga Majalengka serahkan elang-ular bido ke BBKSDA Jabar. (Foto: Istimewa)
Majalengka - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) mengamankan seekor satwa dilindungi jenis elang-ular bido (spilornis cheela) dari tangan Tata Sutikadinata warga Desa Kertawinangun, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Evakuasi satwa dilindungi itu dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi Penyelamatan Satwa Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya BBKSDA Jabar melalui Resor Konservasi Wilayah XII Cirebon.
Menurut Polisi Kehutanan Resor Cirebon Ade Kurniadi Karim, elang-ular bido yang diserahkan secara sukarela dari tangan Tata Sukadinata itu dalam kondisi fisik sehat. Sebelum diserahkan, kondisi elang tersebut sempat memburuk karena terkena bisa ular.

"Elang itu awalnya ditemukan warga tersebut (Tata) sepulang kerja dari hutan. Saat ditemukan kondisnya lemas, kemungkinan karena bisa atau racun ular yang jadi mangsanya," kata Ade dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (9/5/2019).
Lebih lanjut, Ade menyebutkan Tata merawat elang tersebut hingga kondisinya membaik. Setelah kondisinya membaik, Tata melalui kelompok pecinta satwa melaporkan ke BBKSDA.

"Burung elang ini satwa dilindungi undang-undang. secara kasat mata sehat. Tapi nanti tim dokter yang akan menindaklanjuti, mengecek kesehatan elang ini," katanya.
Warga Majalengka Selamatkan Elang-Ular Bido ke BBKSDA JabarFoto: Istimewa
Ade menerangkan satwa dilindungi tersebut diboyong ke kandang transit di kantor Resor Cirebon untuk direhabilitasi terlebih dahulu sebelum dicek ke tim dokter di bidang KSDA Wilayah III Ciamis.

"Elang ini sementara kami rehab di resor Cirebon. Nanti dicek ke tim dokter dulu sebelum dilepasliarkan. Kami imbau ke masyarakat agar jangan pernah memelihara, menyimpan, memiliki satwa liar dilindungi karena termasuk tindakan melanggar hukum," kata Ade.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed