Hari Pertama Puasa, Ridwan Kamil Langsung Bahas Persiapan Mudik

Hari Pertama Puasa, Ridwan Kamil Langsung Bahas Persiapan Mudik

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 06 Mei 2019 14:11 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Hari pertama bulan puasa Ramadan 2019, Gubernur Jabar Ridwan Kamil langsung tancap gas membahas persiapan mudik Lebaran. Beberapa hal yang dibahas mulai dari antisipasi kemacetan hingga kecelakaan di tol.

Pembahasan persiapan mudik ini dilakukan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (6/5/2019). Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Sekda Jabar Iwa Karniwa juga hadir dalam rapat.
Emil, sapaan Ridwan, meminta anak buahnya mencari solusi persoalan-persoalan yang terjadi pada mudik tahun lalu. Salah satunya perlambatan kendaraan menuju gerbang tol meski menggunakan e-Toll.

"Saya analisa walau pun pake e-Toll macet juga. Apakah ada cara tidak usah bayar selama mudik, bayarnya nanti pascabayar. Pokoknya oleh sebuah cara sehingga tidak ada antrean," kata Emil usai rapat.

Selain solusi antrean, tingkat kecelakaan di jalan tol juga harus diantisipasi. Ia mencontohkan tingginya angka kecelakaan di Tol Cipali yang tak lepas karena minimnya area istirahat.

Menurutnya, area istirahat yang ada saat ini tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan setiap tahunnya mencapai 12 persen. Sehingga perlu ada solusi penambahan rest area di jalur tertentu.

"Sedang dianalisa titik kelelahannya. Tapi (rest area) itu jadi kendala. Terjadi kemacetan di rest area karena pertumbuhan kendaraan 12 persen per tahun. Kalau pakai teori, jumlah kepemilikan kira-kira 10 persen (penambahan mudik 2019)," ujar Emil.
Rencananya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya berkunjung ke Bandung pada Selasa (7/5/2019). Kunjungan tersebut sekaligus membahas persiapan mudik 2019.

"Besok pak Menhub mau ke sini. Jadi akan dibahas soal mudik. Intinya persoalan tahun lalu jangan sampai terjadi lagi," ucap Emil. (mud/bbn)