Sambut Ramadhan, Warga Langensari Bandung Bebersih dan Ngaliwet

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 05 Mei 2019 16:58 WIB
Tradisi bebersih dan ngaliwet warga Desa Langensari Bandung Barat (Foto: Yudha Maulana)
Bandung Barat - Ragam tradisi di masyarakat dalam menyambut bulan Ramadhan. Salah satunya tradisi bersih-bersih dan makan bersama 'ngaliwet' di Desa Langensari, Bandung Barat.

Momen itu terlihat saat kaum lelaki kompak membersihkan gorong-gorong hingga menambal jalan, sementara kaum hawa berjibaku menyiapkan nasi liwet dan lauk pauknya untuk disantap bersama di atas daun pisang.

Bebersih dan "ngaliwet" ini merupakan tradisi tahunan masyarakat Langensari dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Ketua RT 1 RW 12, Erwin Sutisna berharap ajang ini menjadi momentum silaturahmi warga jelang puasa.

"Ini merupakan tradisi tahunan menyambut bulan Ramadhan diharapkan dapat menjaga keakraban dan kesucian warga saat menjalankan ibadah puasa yang akan dimulai sejak Senin (6/5/2019) besok," kata Ketua RT 1 RW 12, Erwin Sutisna di sela acara.

Erwin menuturkan warga sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini. Pasalnya, mereka membawa nasi liwet dan lauk pauknya dari hasil sukarela.

"Harapan kami, kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan," ungkap dia.

Uniknya, warga menyantap hidangan di tempat yang baru dibersihkan."Tadinya mau digelar ngaliwet di jalan, tapi karena cukup panas akhirnya dipindah ke halaman rumah warga," katanya.

Tak hanya bersih-bersih dan makan bersama, di akhir kegiatan, seluruh warga masyarakat saling bersalaman dan meminta maaf satu sama lain.

"Semangat gotong royong seluruh masyarakat terlihat di kegiatan ini, kami bangga jumlah warga yang datang cukup banyak," ujar dia. (mud/mud)