detikNews
Rabu 01 Mei 2019, 10:56 WIB

Sebelum Aksi, Buruh Bandung dan Sumedang Potong Tumpeng Bersama

Wisma Putra - detikNews
Sebelum Aksi, Buruh Bandung dan Sumedang Potong Tumpeng Bersama Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Ratusan buruh dari Kabupaten Bandung dan Sumedang akan memperingati Mau Day 2019 di Kawasan Gedung Sate Kota Bandung. Sebelum pemberangkatan para buruh tersebut memotong tumpeng bersama.

Pantauan detikcom, Rabu (1/5/2019) pemotongan tumpeng ini dilakukan di Kawasan Permata hijau, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Pemotongan tumpeng itu dipimpin oleh Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh Teguh Waluyo dan Dandim Sumedang 0610 Letkol Arh Novianto.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengingatkan agar dalam perjalanannya tetap menjaga kondusifitas dan keamanan. Dilanjutkan simbolis pemotongan tumpeng yang diberikan kapolres Sumedang AKBP Hartoyo kepada salah satu perwakilan buruh.

"May day di Kabupaten Bandung ada lima titik, pengamanannya gabungan dari Sumedang dan Kabupaten Bandung," kata Indra.

Indra berharap, para buruh agar menjaga kondusifitas dan keamanan selama diperjalanan dan pulang kembali ke rumah dengan selamat. "Selamat May Day, tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama di perjalanan," harapnya.
Sebelum Aksi, Buruh Bandung dan Sumedang Potong Tumpeng BersamaFoto: Wisma Putra

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh Teguh Waluyo dan Dandim Sumedang 0610 Letkol Rh Novianto langsung menaiki motor mengawal ratusan buruh ke Gedung Sate.

Sementara itu, Ketua Kasbi Jawa Barat Sudaryanto mengatakan, ada 300 buruh yang akan melakukan aksi di Gedung Sate.

"Kami akan menyampaikan aspirasi di Gedung Sate. Kita akan menyuarakan hak-hak buruh yang belum terpenuhi," ujarnya.

Ia menilai, status kerja semakin tidak jelas dengan adanya buruh kontrak dan oursorching. Belum lagi adanya upah sektoral.

"Itu akan menambah beban kami, karena buruh yang sekitarnya padat karya bisa diupah di bawah UMK, itu akan menjadi bencana untuk para buruh," pungkasnya.


Tonton jug video Jokowi Terima Presiden Serikat Buruh di Bogor, Sepakat May Day Damai:

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com