detikNews
Senin 29 April 2019, 18:20 WIB

Kurangi Kemacetan Jakarta, Kantong Parkir Dibangun di Bekasi-Bogor

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kurangi Kemacetan Jakarta, Kantong Parkir Dibangun di Bekasi-Bogor Kemacetan di Jakarta. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar dan DKI Jakarta bekerja sama membangun kantong parkir di wilayah penyangga. Langkah ini untuk mengurangi beban kendaraan pribadi yang masuk ke Ibu Kota.

Pembahasan kerja sama ini dilakukan Sekda Jabar Iwa Karniawa dan Sekretaris Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) DKI Jakarta Tri Kurniadi di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (29/4/2019).

"Kita akan melaksanakan MoU tentang jaringan perluasan jalan di wilayah park and ride (kantong parkir) yang dijadikan perjanjian kerja sama perluasan dan perpanjangan," kata Iwa kepada wartawan.
Sekretaris BKSP DKI Jakarta Tri Kurniadi mengatakan rencana pembangunan kantong parkir untuk mengurangi beban kendaraan warga luar DKI Jakarta. Pihaknya berharap warga wilayah penyangga menggunakan transportasi massal untuk masuk Jakarta.

"Supaya orang Bekasi, Bogor, Tangerang tidak menggunakan kendaraan pribadi, parkir di sana. Mereka diangkut pake LRT, Busway untuk mengurangi kemacetan DKI. Kan ada satu juta lebih masuk DKI," kata Tri di lokasi yang sama.

Ia menuturkan rencananya dibangun lima titik kantong parkir di Bekasi dan Bogor. Nantinya seluruh pendanaan pembangunan kantong-kantong parkir tersebut ditanggung Pemprov DKI Jakarta.

"Kita akan bangun lima di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Bogor. Tahun ini baru DED (Detail Engineering Design), tahun 2020 baru dilaksanakan (pembangunan). Nanti mereka yang menyiapkan lahannya, kami biayai pembangunan," ucapnya.
Tri memperkirakan setiap kantong parkir membutuhkan biaya Rp 1 miliar dengan luas lahan sekitar 5.000 meter persegi. Nantinya, pengelolaan parkir diserahkan kepada pemerintah setempat.

"Harapannya enggak mahal-mahal, biar pada mau parkir di sana," ujar Tri.


Tonton juga video Jokowi Bahas Pemindahan Ibu Kota: Insya Allah Bisa Diwujudkan:

[Gambas:Video 20detik]


(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed