Sambut Ramadan, Pemprov Jabar Subsidi Rp 20 M untuk Pasar Murah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 25 Apr 2019 15:18 WIB
Kegiatan operasi pasar di Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar menggelontorkan Rp 20 miliar untuk operasi pasar murah selama bulan Ramadan. Operasi pasar murah diprioritaskan untuk 215 ribu keluarga tidak mampu (KTM) di 27 kabupaten-kota wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Muhammad Arifin mengatakan bekerja sama dengan Subdivre Bulog untuk operasi pasar murah tersebut. Pemprov Jabar mensubsidi Rp 20 miliar.

"Kita subsidi Rp 20 miliar. Kita luncurkan serentak di akhir minggu kedua dan awal minggu ketiga," kata Arifin di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).
Ia menuturkan operasi pasar murah kali ini menyediakan enam komoditas beras, gula, minyak, telur ayam, daging ayam dan sapi. Pihaknya menargetkan anggaran yang digelontorkan terserap semuanya.

"Target kita terserap semuanya Rp 20 miliar dari operasi pasar murah ini. Sasarannya 215 ribu rumah tangga miskin," ujar Arifin.

Menurutnya, operasi pasar murah ini juga bertujuan meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat. Mengingat, harga-harga bahan pokok di pasaran kerap meningkat ketika bulan Ramadan.

"Hal ini juga untuk membantu stabilitas harga di pasaran," kata Arifin. (mud/bbn)