DetikNews
Kamis 18 April 2019, 09:59 WIB

Ini Sepatu Nabila yang Membuat Kisah Bocah Pemulung Ini Viral

Yudha Maulana - detikNews
Ini Sepatu Nabila yang Membuat Kisah Bocah Pemulung Ini Viral Foto: Yudha Maulana
Bandung Barat - Kisah Nabila (12) dan sepatunya menyedot atensi warganet di tengah hingar bingar pemilihan umum (pemilu) 2019, berkat video berdurasi 30 detiknya menjadi viral.

Cerita itu berawal dari sepatu Nabila yang tak sengaja diduduki oleh teman sekelasnya pada Sabtu, 6 April 2019 lalu. Saat itu, Nabila tengah mengepel di kelas pada jam ekstrakulikuler.

Melihat sepatunya diduduki, murid kelas 6 SDN Pangauban itu marah. Pasalnya sepatu itu merupakan hasil jerih payahnya dari memulung rongsokan selama seminggu.

"Sepatu itu dibeli seharga Rp 60 ribu oleh Nabila setelah memulung rongsokan, dia dapat Rp 80 ribu, yang Rp 20 ribu diberikan kepada kami," tutur Ira (60), nenek Nabila di kediamannya di Kampung Cibodas, Ds Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (17/4/2019).

Pantauan detikcom, sepatu itu sebagian besar terbuat dari karet busa berwarna biru dan sedikit kotor karena terkena lumpur di jalan. Tidak ada lubang yang membuat sepatu itu menjadi rusak.

"Mungkin bukan karena sepatunya yang rusak, tapi Nabila merasa sepatu itu ia beli dengan hasil keringatnya sendiri," ujarnya.

Reaksi Nabila dan kisahnya yang berjuang keras menjadi tulang punggung keluarga lewat memulung, memicu empati dari warganet untuk berbondong-bondong memberikan sepatu dan bantuan lain kepadanya.

"Alhamdulillah, banyak yang datang membantu. Tak hanya sepatu tapi juga yang lainnya," ucapnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed