DetikNews
Rabu 17 April 2019, 11:18 WIB

Nihil Surat Suara Pilpres, TPS 84 Purwakarta Tunda Pencoblosan

Dian Firmansyah - detikNews
Nihil Surat Suara Pilpres, TPS 84 Purwakarta Tunda Pencoblosan TPS 84 di Perumahan Dian Anyar, Purwakarta. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Purwakarta - Seluruh surat suara untuk Pilpres 2019 nihil dalam kotak suara di TPS 84, Perumahan Dian Anyar, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta Kota, Jawa Barat. Ketua KPPS TPS 84, Agus Yusuf, mengungkapkan pihaknya tidak menemukan surat suara tersebut, namun perlengkapan lainnya di dalam kotak itu tersedia.

"Kendala di sini adalah saat akan memulai pemungutan suara, di cek dulu logistiknya, dalam hal ini surat suara bersama saksi, Panwascam, dan warga. Ternyata surat suara untuk Pilpres tidak ada di kotak suara," ujar Agus di TPS 84, Rabu (17/04/2019).


Pihak KPPS memastikan jika kondisi kotak suara sebelum dibuka dalam kondisi utuh, segel dan gembok masih rapih. Ia pun menuturkan hanya surat suara untuk Pilpres 2019 saja yang nihil, sedangkan lainnya lengkap.

"Seharusnya ada 242 lembar surat suara sesuai DPT. Kalau yang lain sudah tersedia," kata Agus.

Pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS ini terpaksa ditunda karena harus dilengkapi terlebih dahulu surat suara Pilpres. Para pemilih yang sudah mendaftarkan diri untuk melakukan pencoblosan terpaksa harus menunggu hingga berjam-jam.

"Saya sudah dari jam tujuh. Seharusnya ini tidak terjadi, ini sangat vital. Kalau enggak ada, terpaksa harus dilakukan pemungutan ulang," ujar Tito, warga setempat.

Ia menjelaskan, untuk prosedur pencoblosan, sebelum pendistribusian logistik itu seharusnya sudah tidak ada lagi kesalahan. Sebab, sambung Tito, karena tentu ada pengecekan oleh sejumlah saksi yang berkepentingan.


Akibat kejadian ini, ia bersama pemilih lainnya harus menunggu proses pencoblosan. Setelah dinyatakan tidak tersedia, pihak KPUD yang menerima panggilan harus segera memenuhi kebutuhan logistik.

Pihak KPUD berupaya dengan meminta surat suara cadangan di sejumlah TPS terdekat. "Kami ambil langkah untuk berjalannya pemungutan suara, TPS ini meminta ke TPS lain yang terdekat dan disaksikan oleh stakeholder dari Panwascam dan sebagian saksi," ujar Topan, petugas KPU bidang logistik tingkat Kecamatan.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti tidak adanya surat suara untuk Pilpres. Ia memastikan jika prosedur pemeriksaan logistik sudah sesuai SOP.

"Kami belum tahu penyebabnya, tidak bisa juga menyalahkan atau menuduh sebelah pihak karena kami tidak tahu persis juga. Kami di tingkat kecamatan bisa dipastikan surat suara itu sudah ada di dalam kotak suara, tapi saat di lokasi TPS ternyata tidak ada," tutur Topan.




Tonton video Antusias Milenial Nyoblos di TPS Ditemani Pocong:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed