Wilayah Terdampak Bencana di Jabar Siap Laksanakan Pemilu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 16 Apr 2019 14:37 WIB
Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi melakukan pemantauan kesiapan pasukan di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat dinyatakan siap melaksanakan pencoblosan pada Rabu 17 April besok. Begitu juga dengan wilayah yang sempat terdampak bencana alam banjir seperti di Kabupaten Bandung, Bogor dan Indramayu.


Hal ini diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono saat menyambangi Pos PAM Terpadu di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Selasa (16/4/2019).

"Untuk kejadian yang di Bogor sudah ada penggantian, sudah ditanggulangi kotak suara sudah ada penggantian dari KPU. Kemudian surat suara sebanyak 33 ribu juga sudah dipenuhi oleh KPU RI dan KPU Propinsi (Jabar), jadi clear semua," ucap Agung kepada awak media.


[Gambas:Video 20detik]


Agung juga mengaku sudah bertemu dengan Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Nasser. Dari pertemuan itu ada beberapa TPS yang dipindahkan dari lokasi semula akibat banjir di Baleendah.

"Kurang lebih ada 15 sampai 20 TPS yang dipindahkan lokasinya, yaitu di daerah Baleendah. Itu kan setiap tahun hampir banjir terus ya," ucapnya.


Selain Bogor dan Kabupaten Bandung, Agung juga memonitor peristiwa banjir di Indramayu. Namun karena situasi sudah kembali normal tidak ada TPS yang bergeser dari lokasi semula.

"Di Indramayu hasil pantauan sudah surut, jadi (TPS) tetap di lokasi yang semula. Intinya kita memastikan KPU dan Bawaslu siap apabila ada kejadian itu kan force majeur. Kalau memang ada yang harus dipindahkan, harus segera disosialisasikan kepada masyarakat. Sama seperti di Baleendah itu sudah dipindahkan dan langsung disosialisasikan kepada masyarakat dan sudah diberikan formulir C6 untuk masyarakat ke TPS," ujarnya.


5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/tro)