Tim Akar Rumput Klaim Jokowi Unggul 52,3 Persen di Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 12 Apr 2019 20:53 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Tim Relawan Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim paslon jagoannya unggul 52,3 persen dari pesaingnya Prabowo-Sandiaga Uno di angka 47,7 persen di Jabar.

Angka tersebut mengalami pergeseran dibandingkan dengan Pilpres 2014. Saat itu, pasangan Prabowo-Hatta unggul 59,78 persen, sementara Jokowi-JK hanya meraih 40,22 persen.

"Memang berkaca pada Pilpres 2014, pasangan Prabowo-Hatta di Jabar lebih unggul 59,78 persen, Jokowi-JK 40,22 persen. Artinya terdapat pergeseran dukungan 12,1 persen dibanding 2014," kata Ketua Relawan Tim Akar Rumput Rida Saleh di Centropunto, Jalan Trunojoyo, Kota Bandung, Jumat (12/4/2019).

Dia mengaku angka tersebut merupakan hasil kajian dan pemetaan baik di udara dan darat. Berbagai cara pendekatan dilakukan untuk mendulang suara untuk pasangan nomor urut 01 tersebut.

"Untuk saat ini 01 unggul, raihan angka itu berdasarkan penghitungan dengan sistem Big Data Analytics, Artificial Intelligence dan verifikasi lapangan yang dilakukan secara door to door oleh Tim Akar Rumput di 1.333 desa di Jabar," tutur dia.

Dari pemetaan yang dilakukan, timnya bisa langsung turun ke potensi-potensi suara. Menurutnya masifnya kabar bohong yang menyerang Jokowi-Ma'ruf membuat timnya harus bekerja keras meyakinkan masyarakat.

"Kita gunakan tidak hanya medsos, tapi keseluruhan data pendukung. Secara kecedurungan memilih Jokowi, tapi karena terpapar hoaks, mereka tidak memilih jokowi. Kita datang daerah-daerah itu, untuk menyakinkan," tutur dia.

"Kita bukan sample, kita real populasi, bahkan kita bisa membuktikan secara by name by adress," ujar Rida. (mud/ern)