DetikNews
Sabtu 06 April 2019, 11:48 WIB

Ridwan Kamil Ngaku Jadi 'Sales' BUMN di Luar Negeri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ridwan Kamil Ngaku Jadi Sales BUMN di Luar Negeri Ridwan Kamil kerap menjadi sales BUMN di luar negeri (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku kerap menjadi 'sales' Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selama mengunjungi beberapa negara, dia sering mempromosikan produk-produk BUMN.

"Saya kalah kemana-mana, dinas ke luar negeri selalu mempromosikan produk-produk BUMN," ucap pria yang akrab disapa Emil saat menghadiri fun walk dalam rangka HUT PT Pindad di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2019).

Emil meyakini tahun 2045, Indonesia akan menjadi negara adidaya. Menurutnya ada 3 syarat untuk mewujudkan hal tersebut yakni pertumbuhan ekonomi 5 persen, demokrasinya sehat dan milenial kompetitif.

"Kita dukung terus produk-produk dalam negeri, perusahaan-perusahaan BUMN. Jadikan BUMN ini sebagai pegangan dan untuk kemajuan pembangunan Indonesia," kata dia.

Pemprov Jabar sendiri mendapatkan bantuan dari BUMN salah satunya dari PT Pindad. perusahaan plat merah itu menyumbangkan produk pembersihan Sungai Citarum berupa mesin pengeruk sampah dan penyedot lumpur.

"Ya jadi Pindad ini sebagian dari tim dalam pengelolaan Citarum. Tidak hanya Pindad, karena stakeholder yang mengelola Citarum ini ratusan, ada yang menyumbang ilmunya, komunitasnya dan teknologinya. Nah jadi Pindad ini salah satu yang menyumbang teknologinya. Teknologi yang kita butuhkan kan sedang di produksi, mesin pengambil sampah ya," kata Emil.

Di tempat yang sama, Dirut PT Pindad Abraham Mose mengatakan pihaknya mendukung upaya Pemprov Jabar memulihkan lingkungan khususnya wilayah Citarum. Mesin sampah sudah diberikan beberapa waktu lalu kepada Pemprov Jabar.

"Yang dipesan Pemprov Jabar itu Amphibious Excavator untuk membersihkan Citarum. Dalam penyampaiannya 10 unit, hanya realisasinya akan mulai empat sampai lima unit. Tapi rasanya dengan jumlah segitu, untuk Citarum sudah cukup dibagi dalam sektor-sektor untuk bisa membersihkan sampah di Citarum," kata Mose.
(dir/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed