Kantor Imigrasi Sukabumi Manjakan Pemohon Paspor

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 05 Apr 2019 21:01 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi tengah bersolek memperbaiki pelayanan dan fasilitas untuk warga pemohon dokumen keimigrasian. Kepuasan masyarakat menjadi target capaian keberhasilan zona integrasi instansi di bawah Kementerian Hukum dan Ham tersebut.

Petugas keamanan dengan ramah menghampiri mobil tamu yang datang dengan senyum mengembang dan kedua telapak tangan di dada sebagai bentuk sapaan hangat petugas. Sebuah kartu bertuliskan parkir gratis diserahkan kepada pengunjung oleh petugas yang berada di pos depan.

Petugas yang lain datang menyambut. Sebuah kartu lengkap dengan tali diserahkan kepada tamu. Kartu yang diserahkan disesuaikan dengan keperluan tamu, mulai dari visitor, pemohon paspor dan keperluan lainnya terkait dokumen keimigrasian.
Kantor Imigrasi Sukabumi Manjakan Pemohon PasporFoto: Syahdan Alamsyah

Seorang petugas membawa meja dorong berisi makanan ringan, kopi dan teh hangat menghampiri tamu yang baru saja di kursi antrean. Dengan sigap petugas tersebut membuatkan pesanan sesuai keinginan.

"Ini biasanya setiap jam, dimulai dari jam 9 pagi. Jadi enggak buat suntuk, nunggu proses sambil ngopi dan nikmati makanan ringan," kata Hilda yang mengaku sebagai pemilik perusahaan travel di Kota Sukabumi kepada detikcom, Jumat (5/4/2019).

Tidak sekedar pelayanan, sejumlah fasilitas juga disiapkan agar para pengunjung tidak merasa bosan, sebagian masih dalam tahap pembangunan.

Zona integritas sendiri merupakan target menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Dengan perbaikan layanan tersebut Nurudin mengaku indeks kepuasan masyarakat naik secara tajam.

"Desember 2018, indeks kepuasan hanya di angka 76,80 persen setelah dua bulan terakhir Februari 94 persen dan kemudian Maret 97 persen. Indeks kepuasan itu sendiri secara jujur dinilai melalui tombol yang bisa diakses masyarakat setelah tahapan wawancara," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Nurudin didampingi Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Zulmanur Arif.
Kantor Imigrasi Sukabumi Manjakan Pemohon PasporFoto: Syahdan Alamsyah


Menurut Nurudin layanan ini mulai dilakukan sejak akhir tahun 2018, masih dalam tahap penyempurnaan. Layanan pojok digital berupa internet gratis dan akses komputer untuk pemohon, ruang baca, booth private untuk pemakai cadar (keperluan foto) hingga akses ramah Hak Asasi Manusia (HAM) bagi penyandang disabilitas.

"Kita terus berbenah karena setiap hari setiap rapat saya selalu menekankan kepada pegawai kita buat layanan sekelas hotel untuk para pengunjung. Mereka akan merasa nyaman bila terlayani dengan baik, karena tugas dan fungsi ASN kan memang untuk melayani," lanjutnya. (sya/ern)