DetikNews
Selasa 02 April 2019, 12:42 WIB

Cerita Siswa SLB di Cirebon Ikuti Ujian Nasional

Sudirman Wamad - detikNews
Cerita Siswa SLB di Cirebon Ikuti Ujian Nasional Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMA di Sekolah Luar Biasa (SLB) B Pancaran Kasih Kota Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Muslimah (17) menjadi siswa pertama yang keluar dari ruangan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMA di Sekolah Luar Biasa (SLB) B Pancaran Kasih Kota Cirebon, Jabar. Muslimah tampak lega.

Siswa berkebutuhan khusus ini berhasil mengerjakan sebanyak 40 soal UN mata pelajaran matematika dalam waktu dua jam, dari pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB. Beberapa menit usai, Muslimah keluar ruangan. Sejumlah siswa lainnya menyusul.

Muslimah malu-malu saat berbincang. Siswi tunarungu itu menggerakkan tangannya, menjelaskan tentang rumitnya soal matematika yang ia kerjakan.

"Pusing, sulit. Tapi senang sudah selesai. Ada empat 40 soal matematika," kata Sekretaris pelaksana UN SLB B Pancaran Kasih Kota Cirebon Eko Prasetya yang menafsirkan gerakan tangan Muslimah kepada detikcom, Selasa (2/4/2019).

Selain Muslimah, Alip Irawan (19) siswa lainnya mengaku kesulitan. Namun, Alip tak menampik ada beberapa soal yang mudah untuk dikerjakan. Sebelum UN, Alip mengaku mempersiapkan diri dengan belajar setiap malam hari.

Cerita Siswa SLB Cirebon Ikuti Ujian NasionalSiswa SLB B Pancaran Kasih Kota Cirebon mengikuti UNKP tingkat SMA. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Sama seperti Muslimah, Alip menggerakkan tangannya menjelaskan tentang keberhasilannya mengerjakan 40 soal matematika. "Deg-degan, gampang-gampang susah. 40 soal dikerjakan semua," ucap Eko yang menafsirkan gerakan tangan Alip.

Sementara itu, Eko menyebutkan jumlah siswa SLB B Pancaran Kasih tingkat SMA yang mengikuti UN sebanyak 7 siswa. Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan UN bagi SLB tingkat SMA.

"Ada tiga mata pelajaran yang diujikan, bahasa Indonesia, matematika dan bahasa Inggris. Siswanya ada tujuh. SLB ini khusus tunarungu," ujar Eko yang juga menjabat sebagai Ketua UN Gugus 30 Kota Cirebon.

Dia mengatakan dari lima SLB yang ada di Kota Cirebon, hanya SLB B Pancaran Kasih yang menggelar UN tingkat SMA. Menurut Eko, siswa SLB B Pancaran Kasih selalu berhasil mengerjakan semua soal yang diujikan dengan waktu yang ditentukan.

Bahkan, lanjut dia, sebelum UN, seluruh siswa kelas XII SMA diwajibkan mengikuti pelatihan UN. "Kalau di sekolah biasa itu kan ada try out, nah kita juga ada pelatihan sebelum UNKP itu. Penilaian itu provinsi yang menentukan, karena kita di bawah provinsi," ucap Eko.

Eko menyebutkan tak semua SLB diwajibkan untuk melaksanakan UN. "Dalam aturannya itu yang harus UN adalah SLB khusus tunarungu, tunadaksa dan tunalaras. Kalau yang tunagrahita dan disabilitas itu tidak diwajibkan, pakainya ujian sekolah," katanya.

Berharap Bisa UNBK

Eko menuturkan saat ini SLB di Indonesia belum menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lantaran sarana dan prasaran yang kurang memadai. Namun, Eko berharap pelaksanaan UN SLB bisa menggunakan sistem UNBK.

Menurut Eko, kemampuan siswa SLB B Pancaran Kasih bisa menyesuaikan pelaksanaan UNBK. "Sekarang belum (UNBK). Ya mudah-mudahan ke depannya bisa seperti sekolah pada umumnya. Kalau sekarang kang masih pakai kertas," ujar Eko.

Cerita Siswa SLB Cirebon Ikuti Ujian NasionalSejumlah siswa mengikuti UNKP tingkat SMA. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dia menjamin pelaksanaan UNBK mampu mempermudah siswa SLB mengikuti ujian. Terlebih lagi, lanjut Eko, siswa SLB sudah mendapatkan pembelajaran tentang ilmu teknologi dan informasi (TI) sejak belajar di tingkat SMP.

"Saya yakin anak-anak pasti paham. Seminggu tiga kali belajar teknologi dan informasi. Sekarang sarananya belum memadai," ucapnya.

Namun, Eko menjelaskan, perlu adanya pengawasan ekstra untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMA di SLB. "Kalau sekarang kan pengawasnya dua, seperti pada umumnya. Mungkin bisa tambah pengawas atau apalah untuk membantu siswa memahami bahasa di komputer," tutur Eko.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed