Cerita Kekuatan Magis Batu Lonceng di Bandung Barat

ADVERTISEMENT

Cerita Kekuatan Magis Batu Lonceng di Bandung Barat

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 31 Mar 2019 07:39 WIB
Batu Lonceng (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Situs Batu Loceng memang belum terkenal sebagai destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kendati begitu, ada untaian sejarah Kerajaan Sunda Galuh atau Pajajaran yang terkandung di dalamnya.

Lokasi Batu Loceng diapit oleh Gunung Palasari dan Bukit Unggul, tepatnya di Desa Suntenjaya. Untuk bisa ke area situs, pengunjung harus masuk ke melewati perkebunan warga.

Menurut hikayat beredar di masyarakat, Situs Batu Loceng ditemukan pada abad ke-16 saat pemerintah kolonial Belanda membuka lahan untuk penanaman kopi. Di sana ditemukan sebuah makam dengan panjang 4,5 meter dengan kepala yang mengarah ke timur.

Cerita Kekuatan Magis Batu Lonceng di Bandung BaratLokasi Situs Batu Lonceng di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Maman (60), juru kunci situs mengatakan, makam tersebut ialah peninggalan Sunan Marga Taka atau Prabu Sang Wanara (Ciung Wanara). Ketika itu, sambung Maman, Sunan Marga Taka tengah bersembunyi sambil membangun padepokan untuk belajar ilmu bela diri dan menyebarkan agama Islam.

Di samping makam terdapat Batu Kujang yang bentuknya mirip dengan pegangan kujang. Mitosnya, batu kujang ini akan terus bergeser condong ke bawah kalau Indonesia ditimpa musibah atau saat pergantian kepala negara.

Di sisi yang lainnya terdapat batu berbentuk lonceng dengan nama Jabang Bayi Gada Sewu Liman yang kini telah dimasukkan ke dalam sebuah ruangan. Batu tersebut berdiameter 30 sentimeter dengan tinggi 50 sentimeter.

Cerita Kekuatan Magis Batu Lonceng di Bandung BaratBatu Kujang (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Menurut Maman, saat zaman penjajahan Jepang dan Belanda, ada mitos dipercaya masyarakat. Batu tersebut akan mengeluarkan bunyi peringatan yang hanya bisa didengar oleh penduduk Suntenjaya saat musuh menggempur.

"Sebagian orang percaya batu lonceng punya kekuatan magis. Kalau bisa mengangkatnya sambil berdoa, apa yang diinginkan bisa terkabul. Sempat ada olahragawan yang mencoba mengangkat, tapi enggak bisa," kata Maman kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Di luar situs terdapat beberapa kuburan mantan kepala desa Suntenjaya dan juru kunci Batu Loceng. Kuburan itu hanya ditandai batu yang berselimutkan lumut yang tebal.

"Ada yang datang ke sini untuk berdoa, tapi hakikatnya bukan meminta kepada kuburan, tapi bermunajat kepada Allah untuk meminta berkahnya," ujar Maman.

Cerita Kekuatan Magis Batu Lonceng di Bandung BaratMakam Sunan Marga Taka (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
(bbn/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT