detikNews
Senin 25 Maret 2019, 14:41 WIB

Mudahkan Informasi, Ridwan Kamil Siapkan Aplikasi Citarum Harum

Mochamad Solehudin - detikNews
Mudahkan Informasi, Ridwan Kamil Siapkan Aplikasi Citarum Harum Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana membuat aplikasi Citarum Harum. Aplikasi ini dibuat sebagai media informasi kepada masyarakat terkait progres penanganan Citarum ke depan.

"Kita akan bikin Apss Citarum Harum, dimana semua orang mengerjakan apa setiap hari akan muncul (dalam aplikasi tersebut)," kata Emil, sapaan Ridwan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan aplikasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi mengenai progres penanganan Sungai Citarum. Berbagai kegiatan terkait penyelamatan sungai terpanjang di Jabar itu akan disampaikan melalui aplikasi tersebut.

"Sehingga mau cek kemajuan (penanganan Citarum) ada apa dan sebagainya akan dihadirkan. Semua yang kita anggap penting, kita cemplungin di (aplikasi) itu," kata Emil.

Selain itu, menurut Emil, aplikasi ini juga bisa menerima aduan dari masyarakat. Sehingga, pihaknya bisa mengetahui data dan fakta di lapangan secara komprehensif.

"Nanti ada sistemnya, masyarakat komplain tentang Citarum," ucapnya.

Dia menambahkan, Aplikasi Citarum Harum itu akan siap dalam dua bulan mendatang. Masyarakat juga bisa mengunduhnya melalui Play Store.

"Kita targetkan dalam dua bulan selesai. Masyarakat juga boleh (mengakses), bisa diunduh," ujar Emil.
(mso/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com