DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 15:24 WIB

Mahasiswa Baru Unsil, Ini Rata-rata Biaya Hidup di Tasikmalaya

Dadang Hermansyah - detikNews
Mahasiswa Baru Unsil, Ini Rata-rata Biaya Hidup di Tasikmalaya Foto: Dadang Hermansyah
Tasikmalaya - Universitas Siliwangi (Unsil) di Kota Tasikmalaya, merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. Berapa biaya makan dan hidup bagi mahasiswa yang berkuliah di Unsil ?

Salah seorang mahasiswi semester 8, jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unsil, Eka (21) mengatakan biaya hidup selama kuliah di Tasikmalaya terbilang standar. Untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan, ia mengeluarkan biaya sekitar Rp 1,4 juta. Itu belum termasuk biaya sewa kamar kos.

"Biaya Rp 1,4 juta itu untuk semua kebutuhan minimal sudah terpenuhi, seperti untuk biaya makan, bayar internet/Wifi, token listrik, belanja bulanan dan transportasi menggunakan angkutan online, termasuk untuk nongkrong atau jajan," ujar Eka saat ditemui di komplek kampus Unsil Tasikmalaya, Sabtu (23/3/2019).

Eka menjelaskan, untuk makan sehari-hari, ia biasa menghabiskan Rp 7 ribu sampai Rp 15 ribu untuk sekali makan, tergantung menu yang dibeli. Biasanya, telor, tahu, tempe hingga ayam dan nasi.

"Kalau saya biasa beli rencangnya (lauk) saja, karena kalau nasi biasa ada di kosan. Kalau tidak ada baru makan di warung nasi di sekitar kampus, makan sama telur, tahu, tempe itu hanya Rp 7 ribu. Baru kalau sama ayam bisa sampai Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu," terang mahasiswi asal Tarogong Kidul, Kabupaten Garut ini.

Untuk biaya jalan-jalan dan nongkrong, Eka sendiri hanya menghabiskan tak sampai Rp 50 ribu. Ada beberapa tempat nongkrong atau tempat jajan favorit bagi mahasiswa Unsil, seperti di Siliwangi Food Market (SFM) atau di Pasar Mambo di sekitaran Citapen tempat jajan kuliner.

"Kalau saya jarang nongkrong, paling seminggu sekali, itu juga jajan, ngobrol atau ngerjain tugas bareng, beli makan dan minum paling tak sampai Rp 50 ribu," jelasnya.
Mahasiswa Baru Unsil, Ini Rata-rata Biaya Hidup di TasikmalayaFoto: Dadang Hermansyah

Untuk biaya kosan, menurut Eka standar sewa kamar kos di Tasikmalaya berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu per bulan. Namun tergantung fasilitas yang diberikan. Sedangkan untuk Eka sendiri, biaya kosnya dibayar per tiga bulan sekali sebesar Rp 1,4 juta.

Eka berpesan, bagi mahasiswa baru yang berkuliah di Unsil sebaiknya jangan sering nongkrong. Fokus kuliah dan rajin nabung, sebab pengeluaran yang paling besar itu saat masa kuliah berakhir.

"Jangan boros, rajin nabung, apalagi mahasiswa yang merantau dari jauh kasian orang tua. Sebaiknya berhemat, jangan mengeluarkan biaya yang sekiranya tidak terlalu penting," ucapnya.

Sementara, mahasiswa lainnya, Aulia (20) jurusan Perbankan, semester IV menuturkan kebutuhan biaya makan kuliah di Unsil Tasikmalaya terhitung cukup murah. Namun itu tergantung masing-masing orangnya.

"Kalau mau ngirit bisa, tempat makan enak murah di sekitar kampus banyak. Mau yang mahal juga banyak. Tapi rata-rata sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu," tuturnya.

Sedangkan, Yasa, mahasiswa Manajemen, semester IV, Unsil mengaku untuk biaya makan di Tasikmalaya cukup murah. Namun untuk nongkrong bersama teman bisa menghabiskan sampai Rp 50 ribu, sekali nongkrong. Itu untuk beli minuman atau kopi dan makan. Sedangkan untuk nonton di bioskop yang ada di mall besar di Tasikmalaya, biasa menghabiskan Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed