DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 15:58 WIB

Divonis 3,5 Tahun Bui, Fahmi Suami Inneke Pikir-pikir

Tri Ispranoto - detikNews
Divonis 3,5 Tahun Bui, Fahmi Suami Inneke Pikir-pikir Fahmi Darmawansyah (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah, masih belum memutuskan apakah menerima vonis yang dijatuhkan majelis hakim atau mengajukan banding.

"Pikir-pikir," ujar Fahmi saat ditanya hakim dalam sidang vonis kasus suap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019).


Selain Fahmi, jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga masih akan pikir-pikir terhadap vonis 3,5 tahun yang dijatuhkan majelis hakim.

"Karena pikir-pikir maka ada waktu 7 hari memutuskan apakah menerima atau banding," kata majelis hakim sebelum menutup sidang.

Dalam persidangan Fahmi secara sah dan meyakinkan telah terbukti dalam dakwaan primer Pasal 5 ayat (1) huruf b UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

"Menjatuhi hukuman penjara 3 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara," kata majelis hakim.

Vonis tersebut dijatuhkan dengan pertimbangan memberatkan karena Fahmi telah bertentangan dengan program pemerintah memberantas tindak pidana korupsi dan telah mengulangi perbuatannya.


Sementara hal yang membuat hukuman berkurang karena majelis hakim menilai Fahmi berlaku sopan selama sidang dan memiliki tanggungan keluarga istri juga dua anak yang masih sekolah.

Sebelumnya, jaksa dari KPK menuntut Fahmi dengan pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan penjara. Fahmi dianggap telah terbukti melanggar dakwaan primer.


Saksikan juga video 'Perjuangan Inneke Koesherawati Urus Rumah Tangga Tanpa Suami':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed