DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 22:57 WIB

Upah Tak Sesuai, Sejumlah Pelipat Surat Suara di Cirebon Mundur

Sudirman Wamad - detikNews
Upah Tak Sesuai, Sejumlah Pelipat Surat Suara di Cirebon Mundur Warga Cirebon dilibatkan untuk sortir-lipat surat suara Pemilu 2019. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Sejumlah pekerja penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 di Cirebon mengundurkan diri. Kasubag Umum KPU Cirebon Suganda menyebutkan pekerja yang mengundurkan diri sempat meminta kenaikan upah.

"Ada yang menghasut minta kenaikan upah. Keberatan katanya, terus minta sistem kelompok diubah jadi per orang," kata Suganda kepada detikcom di kantor KPU Cirebon, Jabar, Selasa (19/3/2019).

Suganda menjelaskan untuk upah sortir-lipat itu pihaknya tak bisa menaikkan angkanya. Sedangkan sistem kerja yang sebelumnya kelompok, menurut dia, sudah diubah menjadi perorangan sesuai permintaan pekerja.

"Dari (upah) Rp 100 ribu per orang (per hari) minta naik Rp 150 ribu. Saya koordinasi dengan KPU Kuningan, ternyata di sana lebih rendah. Akhirnya beberapa pekerja ada yang masuk lagi, ada yang mundur," tutur Suganda.

Upak Tak Sesuai, Sejumlah Pelipat Surat Suara di Cirebon MundurAktivitas pelipatan surat suara di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Suganda menyebutkan total pekerja yang dilibatkan sebanyak 650 orang yang tersebar di empat lokasi. Sementara itu, beberapa pekerja yang mundur terjadi di dua lokasi pelipatan, yakni di gudang PT Yusmo dan GOR Plumbon.

"Di PT Yusmo itu ada 24 orang, di GOR Plumbon ada 10 orang yang yang sudah mengembalikan kartu identitasnya. Tapi saya tak bisa prediksi itu mundur semua atau tidak, karena ada beberapa yang izin," ucapnya.

Suganda mengaku tak khawatir kendati ada yang mundur. Pasalnya, lanjut dia, KPU telah menyiapkan 34 pekerja baru untuk mengganti pekerja yang mundur.

"Nanti ada penambahan 34 orang pekerja itu. Besok kartu identitasnya kita serahkan ke pekerja baru," ujar Suganda.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed