DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 12:15 WIB

2 Terdakwa Sunat Dana Bansos Tasik Belum Kembalikan Uang Negara

Dony Indra Ramadhan - detikNews
2 Terdakwa Sunat Dana Bansos Tasik Belum Kembalikan Uang Negara Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Bandung - Dua terdakwa kasus sunat dana bantuan sosial (bansos) Kabupaten Tasikmalaya belum mengembalikan uang hasil korupsi. Mereka berjanji untuk segera mengembalikan uang tersebut.

Keduanya yakni Setiawan dan Mulyana. Keduanya merupakan warga sipil yang turut terlibat kasus sunat dana bansos Kabupaten Tasikmalaya. Keduanya menerima ratusan juta hasil dari praktik korupsi tersebut.


Setiawan disebut menerima uang sebesar Rp 385 juta. Sedangkan Mulyana sebesar Rp 682 juta. Saat sidang beragenda pemeriksaan terdakwa, keduanya mengaku belum mengembalikan duit hasil sunat tersebut.

"Terdakwa Setiawan, pengembalian sudah dilakukan?" tanya jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (18/3/2019).

"Belum," jawab Setiawan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Mulyana. Saat ditanya jaksa ihwal pengembalian uang, dirinya juga mengaku belum melakukan pengembalian.

Terdakwa Lia Sri Mulyani yang berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tasik yang mendapat Rp 135 juta belum mengembalikan secara keseluruhan kerugian negara.

"Baru Rp 26 juta ditambah mobil Kijang dan sertifikat tanah," kata Lia.


Sementara itu untuk terdakwa lainnya, rata-tata dari mereka sudah mengembalikan. Terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) Tasikmalaya Abdul Kodir, dirinya yang mendapat Rp 1,4 miliar, telah mengembalikan kepada negara.

"Sudah dikembalikan semua saat di Polda Jabar," ujar Abdul Kodir.

Begitu juga dengan PNS Kabupaten Tasik Alam Rahadian Muharam dan Eka Ariansyah. Masing-masing yang mendapatkan Rp 175 juta sudah dikembalikan. Begitu juga dengan Maman Jamaludin yang kala itu menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kabupaten Tasikmalaya telah mengembalikan kerugian negara yang dia terima sebesar Rp 575 juta.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed