DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 15:27 WIB

KNKT Evakuasi Kotak Hitam Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikNews
KNKT Evakuasi Kotak Hitam Helikopter Jatuh di Tasikmalaya Proses evakuasi helikopter jatuh di Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan evakuasi sejumlah benda penting untuk investigasi jatuhnya helikopter tipe BO-105M PK-EAH yang jatuh di kawasan Situhiang, Desa Sirnaputra, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tim KNKT melakukan evakuasi tersebut dibantu sejumlah warga dan aparat TNI/Polri pada Minggu (17/3/2019) siang.


Selain melakukan pemeriksaan lokasi jatuhnya pesawat, tim mengamankan sejumlah benda penting dari dalam helikopter seperti GPS hingga kotak hitam (black box).

"Kita hari ini amankan semua peralatan yang berhubungan dengan penerbangan seperti GPS, engine kita bongkar, kotak hitam juga sudah diamankan untuk dibaca," ujar Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya Letkol Pnb M Pandu Adi di lokasi.

Pihaknya belum mengetahui apa yang menjadi penyebab helikopter tersebut bisa jatuh pada Sabtu 16 Maret kemarin. Terlebih saat itu kondisi cuaca baik.

"Evakuasi menyeluruh kita upayakan hari ini. Tapi untuk kapannya diangkat, kita koordinasi lebih lanjut," katanya.


Rencananya seluruh benda yang dibawa termasuk bangkai helikopter akan dievakuasi untuk diperiksa lebih lanjut di Lanud Wiriadinata.



Tonton juga video Bangkai Heli Jatuh di Tasikmalaya Belum Dievakuasi, Ada Kendala?:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed