DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 13:16 WIB

Teror di New Zealand, Aparat Jabar Perketat Pengamanan Tempat Ibadah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Teror di New Zealand, Aparat Jabar Perketat Pengamanan Tempat Ibadah Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto (tengah) bersama pengurus MUI Jabar. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Aparat gabungan memperketat pengamanan tempat-tempat ibadah di Jabar. Langkah ini buntut dari aksi penembakan brutal di dua masjid New Zealand yang menewaskan 49 orang.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan sudah berkoordinasi dengan Pangdam III/Siliwangi meningkatkan kewaspadaan. Terutama objek tempat ibadah semua umat beragama.

"Polri dibantu TNI perketat pengamanan di tempat ibadah agama apapun," kata Agung kepada wartawan di Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (16/3/2019).


Menurutnya, pengamanan juga berlaku untuk warga negara Australia yang berada di Jabar. Pihaknya akan memperlakukan hal yang sama terhadap warga negara asing di wilayah hukumnya.

"Kita akan berkoordinasi dengan Mabes Polri mengenai WNA (Australia) di Jabar. Kita akan melindung warga yang ada di wilayah hukum kami, itu tanggungjawab kita," tutur Agung.

Pengamanan dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan tempat ibadah yang mengundang banyak massa. Pihaknya akan mengamankan ekstra setiap kegiatan tersebut.

"Jadi kami minta juga kepada masyarakat untuk aktif berkoordinasi dengan kepolisian agar pengamanan bisa dilakukan. Polanya seperti itu," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di lokasi sama.


Saksikan juga video 'Pascateror, New Zealand Perketat Aturan Kepemilikan Senjata':

[Gambas:Video 20detik]


(mud/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>