detikNews
Selasa 12 Maret 2019, 17:05 WIB

ASN Wajib Pakai Grab, Dishub Bandung Dapat CSR Rp 3 Juta per Hari

Tri Ispranoto - detikNews
ASN Wajib Pakai Grab, Dishub Bandung Dapat CSR Rp 3 Juta per Hari Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Program angkutan bersama atau car pooling yang digagas oleh Dishub Kota Bandung berawal dari tawaran Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditawarkan perusahaan transportasi daring, Grab.

Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi pun mengakui hal tersebut. Menurutnya selama lima hari ujicoba, Senin 11 Maret hingga Jumat 15 Maret 2019 nanti, semua biaya akan ditanggung oleh pihak Grab.

"Kemarin itu diasumsikan satu grup Rp 200 ribu per hari," ujar Didi menjawab besaran CSR yang didapat dari Grab, Selasa (12/3/2019).

Saat ini terdapat 15 grup atau titik kumpul yang dikerjasamakan oleh Dishub dan Grab. Setiap titik kumpul disiapkan satu mobil. Mereka nantinya akan diantar dari titik kumpul menuju kantor di Gedebage, begitu pun sebaliknya saat jam pulang kantor.



Selama uji coba lima hari Grab memberikan layanan gratis dengan hitungan Rp 200 ribu per hari. Jika diasumsikan, maka dalam satu hari Dishub menerima CSR Rp 3 juta (Rp 200 ribu x 15 grup) atau Rp 15 juta (Rp 3 juta x 5 hari) selama lima hari uji coba.

Dalam kesempatan itu Didi kembali mengatakan car pooling terbuka untuk siapa saja, tidak hanya Grab. Ia menilai dengan ramainya pemberitaan seperti saat ini maka program car pooling semakin populer dan dianggap potensial.

"Kalau tidak potensial kenapa tidak diramaikan. Jadi memang ada potensi. Ada berapa ASN di Kota Bandung, pegawai bank di Kota Bandung, pegawai pabrik, siswa, yang sebenarnya potensial untuk diangkut sistem car pooling," katanya.



Bagi Didi, jika car pooling dilihat dari kacamata positif akan membawa manfaat pada angkutan umum. Sebab dalam keseharian, seperti jam istirahat, angkutan umum masih diperlukan untuk mengantar ASN membeli makan atau lainnya.

"Ini sekali lagi bukan penunjukan (harus Grab). Sok siapa yang mau datang dan uji coba, dan tidak hanya uji coba di Dishub," ucapnya.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com