DetikNews
Rabu 27 Februari 2019, 16:11 WIB

Beragam Latar Belakang WNA di Cianjur Bikin e-KTP

Syahdan Alamsyah - detikNews
Beragam Latar Belakang WNA di Cianjur Bikin e-KTP Foto: Syahdan Alamsyah
FOKUS BERITA: Heboh TKA Punya e-KTP
Cianjur - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur menyebut ada 17 Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara yang bermukim di Cianjur dan memiliki identitas KTP elektronik. Berbagai alasan mereka akhirnya memperoleh e-KTP.

Dalam catatan yang diterima detikcom, terdapat 17 WNA di Cianjur yang memiliki e-KTP. Mereka berasal dari berbagai negara, dari jumlah itu 7 diantaranya dari China sementara lainnya dari Singapura, Perancis, Rusia, Mesir, Arab Saudi, Afghanistan, Bangladesh, Filipina, India dan Kamerun.

"Kebanyakan mereka bekerja, ada juga yang menikah dengan orang Indonesia kemudian menetap dan memperbarui KITAP dan e-KTP nya," ujar Yudi Nugraha, Kasi Identitas Kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Rabu (27/2/2019).



Menurut Yudi, berbagai persyaratan harus dipenuhi oleh WNA ketika ingin memiliki kartu identitas diri tersebut, mulai dari Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) hingga dokumen keimigrasian lainnya.

"e-KTP dimiliki oleh WNA berguna sebagai identitas diri, mereka melewati tahapan perekaman wajah, sidik jari, iris mata kemudian seluruh data itu juga terekam dan berbentuk chip di dalam e-KTP. Sebelum melewati tahapan ini WNA juga wajib menyertakan KITAP dari Imigrasi, kalau enggak ada itu ya tidak bisa," kata

Dijelaskan Yudi, masa berlaku e-KTP untuk WNA disesuaikan dengan masa berlaku KITAP yang rata-rata selama 5 tahun. Ketika massa berlaku habis, maka WNA bisa diperpanjang menyesuaikan perpanjangan KITAP.

"Bisa kembali mengajukan permohonan untuk e-KTP baru nantinya asalkan KITAP keimigrasiannya juga diproses oleh WNA tersebut," lanjut dia.



Selayaknya Nomer Induk Kependudukan (NIK) warga Negara Indonesia, NIK yang digunakan WNA juga berlaku secara nasional dan tunggal, satu orang dengan satu NIK. Yang membedakan adalah nomer registrasinya.

"Ketika dia (WNA) dimasukkan ke dalam sistem administrasi kependudukan namanya otomatis generate by system sesuai dengan domisili dia di daftarkan, tanggal lahir, tempat dia mengajukan lalu banyak algoritma lainnya," ujarnya.


(sya/ern)
FOKUS BERITA: Heboh TKA Punya e-KTP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed