DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 21:59 WIB

Bayar Rp 5 Ribu, Citros Siap Antar Keliling Tempat Wisata Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Bayar Rp 5 Ribu, Citros Siap Antar Keliling Tempat Wisata Cirebon Cirebon Tourism on Bus alias Citros. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Cirebon Tourism on Bus (Citros) rencananya mulai dioperasikan akhir Februari ini. Citros bakal beroperasi khusus melayani wisatawan yang ingin keliling Cirebon.

Wakil Manajer Pengelola Citros Karsono menjelaskan bus berwarna merah itu akan mengantarkan wisatawan keliling tempat wisata di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Pertama kali wisatawan akan diajak ke Makam Sunan Gunung Jati kemudian keliling Kota Tua Cirebon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Goa Sunyaragi, Jalan Pemuda, Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Kartini dan Jalan Siliwangi.

"Selanjutnya bus akan menuju kawasan wisata belanja Batik Trusmi dan kembali ke Gunung Jati," ujar Karsono, Sabtu (23/2/2019).
Selama beroperasi Citros akan menggunakan plat nomor kuning karena penumpang dikenakan tarif Rp 5 ribu per orang untuk satu kali keliling.

"Nantinya wisatawan bisa naik dari destinasi wisata di mana saja," katanya.

Meski begitu dalam waktu dekat Citros belum akan beroperasi. Sebab masih ada sejumlah persyaratan dan administrasi yang harus diselesaikan. "Kemungkinan baru pekan depan beroperasi," katanya.
Soal operasional, Karsono menyebut masih akan melakukan serangkaian uji coba untuk menentukan waktu yang tepat dan perkiraan waktu tempuh dalam satu kali bus beroperasi. Sehingga nantinya bisa membuat nyaman dan aman wisatawan.

Tak hanya itu, pengelola Citros berencana membangun sejumlah shelter dan memodifikasi agar lebih menarik. Rencananya, Citros dilengkapi dengan mini kafe dan distro.

"Kita akan buat mini kafe, kemudian ada distro oleh-oleh khas Cirebon. Operator bus itu hanya sopir dan pemandu," ujar Karsono.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed