DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 19:29 WIB

Cerita Senandung Bunga Sebelum Tewas di Sungai Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Cerita Senandung Bunga Sebelum Tewas di Sungai Cirebon Ina Rohaeni memperlihatkan foto anaknya, Bunga Zahrotunni'mah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Raut wajah Wawan (39) dan Ina Rohaeni (35) masih menyimpan kesedihan. Tingkah lucu Bunga Zahrotunni'mah (3), anak kedua dari pasangan suami istri asal Cirebon itu masih teringat jelas. Kini Bunga telah pergi untuk selamanya.

Awalnya, Bunga dinyatakan hilang pada Jumat (16/2/2019) siang. Sore harinya, tim gabungan dari aparat kepolisian, TNI, BPBD, dan SAR melakukan pencarian di Sungai Wadas selama lima hari. Namun, Bunga tak kunjung ditemukan.

Selasa (19/2/2019), seorang pencari kodok menemukan jasad Bunga di Sungai Wadas Desa Tegal Sari, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Wawan sempat kehilangan kesadaran saat menerima kabar duka tentang Bunga.

"Awalnya saya tidak terima mendapat kabar anak saya ditemukan meninggal. Saya ingin pingsan pas mendengar kabar. Sekarang saya ikhlas," kata Wawan saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Blok Wadas RT 11 RW 05 Desa Tegal Sari, Kamis (21/2/2019).


Wawan tak menyangka Bunga meninggal lantaran hanyut. Pasalnya, menurut Wawan, sebelum kejadian Bunga tak pernah bermain di sungai.

"Main ke sungai itu tidak pernah. Makanya saya tidak percaya," ucapnya.

Bunga telah meninggalkan banyak kenangan bagi keluarga Wawan dan Ina. Bunga kerap membuat kegaduhan, kelucuan, hingga kegembiraan. Wawan tak menampik, Bunga merupakan anak yang hiperaktif.

"Tak mau diam anaknya. Ngomong aja, terus pintar tuh. Nangkap sesuatunya cepat. Istilahnya mah mudah bergaul," kata Wawan.

Pengawasan terhadap Bunga pun kudu ekstra ketat. Setiap harinya, dikatakan Wawan, Bunga hanya bermain di sekitar rumah. Bahkan, lanjut dia, sebelum kejadian hilang Bunga sempat makan bersama orang tuanya.

"Waktu kejadian kan posisinya itu lagi ada di rumah semua. Istri saya ke dapur sebentar. Terus Bunga tiba-tiba keluar, dicari tidak ketemu sampai sore," katanya.

Istri Wawan, Ina mengiyakan omongan Wawan. Dia mengingat Bunga bersenandung beberapa hari sebelum kejadian.

"Saya tidak tahu judul lagunya apa, siapa penyanyinya. Liriknya itu begini, "ayah...ayah, kirimkan doa, kirimkan doa...'," kata Ina sembari menirukan Bunga saat menyanyikan lagu tersebut.

Ina tak ingin kejadian yang menimpa Bunga itu terjadi kepada anak-anak lainnya. "Ya orang tua perlu waspada, apalagi kalau anaknya hiperaktif. Semoga ini menjadi pelajaran untuk semua orang tua," kata Ina.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed