DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 14:32 WIB

Hari Peduli Sampah, Polisi Galang Gerakan Bersih Pantai di Jabar

Sudirman Wamad - detikNews
Hari Peduli Sampah, Polisi Galang Gerakan Bersih Pantai di Jabar Gerakan bersih pantai merupakan refleksi peringatan Hari Peduli Sampah. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Polisi bersama sejumlah instansi dan komunitas membuat gerakan bersih pantai. Dirpolairud Polda Jabar Kombes Pol Widi Handoko mengatakan gerakan bersih pantai salah satu langkah untuk menyadarkan masyarakat tentang sampah. Selain itu, gerakan bersih pantai merupakan refleksi peringatan Hari Peduli Sampah.

"Seluruh Ditpolairud di masing-masing polda melaksanakan bersih-bersih. Karena apa? Karena ekosistem laut itu harus kita jaga. Apalagi negara kita adalah negara maritim," kata Handoko usai gerakan bersih pantai di Pantai Kesenden Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/2/2019).

Hari Peduli Sampah, Polisi Galang Gerakan Bersih Pantai di JabarPolisi bersama sejumlah instansi dan komunitas membuat gerakan bersih pantai. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Handoko tak menampik pencemaran lingkungan di Pantura, Jawa Barat, terbilang tinggi. Perilaku membuang sampah sembarangan, menurut dia, menjadi salah satu faktornya penumpukan sampah di Pantura.

"Kalau kita lihat di lokasi sangat kotor sekali (pantura). Pantai Kesenden ini termasuk yang parah. Sampah bukan hanya dari kapal di laut saja, justru mayoritas dari darat," tuturnya.

Handoko menyebutkan gerakan bersih pantai itu tersebar di beberapa titik yang ada di Pantura dan Pantai Selatan (Pansela) Jabar, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Tasik, Sukabumi, Karawang, Subang, Garut, Pangandaran, Cianjur, dan lainnya.

"Kami melibatkan ribuan peserta, karena gabungan. Kegiatan ini akan simultan, kita akan terus bergerak. Artinya ini akan berkelanjutan, termasuk penyuluhan ke masyarakat tentang peduli lingkungan," ucap Handoko.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed