DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 17:03 WIB

Pemprov Jabar Turun Tangan Benahi TPA Sarimukti

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemprov Jabar Turun Tangan Benahi TPA Sarimukti Kepala DLH Jabar Bambang Rianto (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat disebut-sebut menjadi salah satu penyebab gagalnya Kota Bandung meraih Adipura. Pemprov Jabar akan mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar Bambang Rianto menyadari kegelisahan Kota Bandung terkait belum optimalnya pengelolaan TPA Sarimukti. Bahkan, kata dia, bukan hanya Kota Bandung, tapi juga Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung yang terkena dampak.


Padahal, menurut Bambang, tempat pengelolaan akhir sampah menjadi salah satu indikator penilaian Adipura. Sementara saat ini, TPA Sarimukti sebagai tempat pembuangan akhir sampah bagi ke empat daerah tersebut dinilai kurang maksimal.

"Bukan Kota Bandung saja yang kena dampak kinerja Sarimukti. (Daerah lain) Itu pasti terkena dampak kriteria (penilaian Adipura) tersebut. Kita provinsi punya tanggung jawab terhadap daerah-daerah yang dilayani Sarimukti, maka kita ingin perbaiki Sarimukti itu utama," katanya di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (18/2/2019).

Pihaknya segera menggelar pertemuan dengan pemerintah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat untuk membahas permasalahan TPA Sarimukti. Terutama menyangkut penataan yang dilakukan.

"Kita bicara dengan daerah-daerah terkait. Karena akibatkan ke empatnya. Kita bicara benahi Sarimukti. Jadi jangan gara-gara Sarimukti sehingga mereka tidak punya kesempatan mendapat Adipura," ucapnya.


DLH Jabar akan meminta masukan ke empat daerah penataan yang akan dilakukan. Setelah itu, menurut dia, laporannya disampaikan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil agar penataan TPA Sarimukti bisa jadi program prioritas di tahun depan.

"Kemarin itu yang dianggap menjadi kekurangan, turun terkait kinerja Sarimukti apa saja kita sepakati dan itu akan jadi program tahun depan. Setelah itu akan sampaikan ke Gubernur untuk jadi prioritas tahun depan," ujar Bambang.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed