DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 20:04 WIB

Kutuk Kades yang Tak Pilih Jokowi, Bupati Kuningan: Saya Khilaf

Sudirman Wamad - detikNews
Kutuk Kades yang Tak Pilih Jokowi, Bupati Kuningan: Saya Khilaf Bupati Kuningan Acep Purnama (Foto: Ardan Adhi Chandra)
Kuningan - Video pidato Bupati Kuningan Acep Purnama mengutuk kepala desa yang tak memilih Jokowi ramai dibahas di media sosial. Acep mengaku khilaf atas ucapannya tersebut.

Setelah video itu viral, Acep langsung menggelar pertemuan dengan sejumlah kades dan perangkat desa melalui Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kuningan.

"Saya sudah bertatap muka dengan APDESI. Tidak ada satu pun niatan saya untuk menghujat, kata laknat itu spontanitas saya ucapkan dari alam bawah sadar. Saya tidak ada niatan," kata Acep dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (17/2/2019).

Acep mengaku tak memiliki niatan untuk mengerahkan aparatur desa. Untuk itu, Acep meminta maaf atas hal-hal yang kurang berkenan saat memberi sambutan dalam acara Tim Akar Rumput-Kabupaten Kuningan di Hotel Purnama Cigugur pada Sabtu (16/2) kemarin.


"Hal tersebut semata-mata karena kekhilafan saya. Dan, saya tidak ada maksud untuk menyinggung para kades dan perangkatnya serta APDESI Kabupaten Kuningan," ucap politisi PDI Perjuangan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, video Bupati Kuningan Acep Purnama yang mengutuk kepala desa jika tak memilih Jokowi viral di media sosial.

"Jokowi nyawer ke desa-desa, sehingga desa bisa dibangun, kepala desa bisa diangkat harkat, martabat, dan derajatnya karena berhasil memimpin di desanya. Makanya sampaikan kepada kepala desa dan perangkat desanya, kalau ada yang tidak mendukung Jokowi berarti laknat," kata Acep dalam video itu.


"Saya sebagai bupati, sama Pak Edo (Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda) akan puas apabila," ucap Acep di akhir video tersebut.

Bawaslu Kuningan menyelidiki video tersebut. Bawaslu akan membuat laporan pengwasan, imvestigasi, dan rapat komisioner terkait video tersebut.


Tonton video: #Prabowomenangdebat Vs #DebatPintarJokowi bertarung di Trending Topic

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed