DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 15:57 WIB

Balai Proteksi Perkebunan Jabar Rusak Diterjang Air Tanggul Jebol

Anggi Muliawati - detikNews
Balai Proteksi Perkebunan Jabar Rusak Diterjang Air Tanggul Jebol BPTP Jabar rusak diterjang air tanggul jebol Pasirjati. (Foto: Anggi Muliawati/detikcom)
Bandung - Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Jabar di Jalan Pasirjati, Ujung Berung, Kota Bandung, juga terkena imbas tanggul jebol yang terjadi, pada Sabtu (9/2/2019) malam.
Salah seorang karyawan BPTP Endang menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Air yang awalnya hanya selutut, lama-lama sebatas dada orang dewasa.

"Awalnya hujan lebat semalam itu. Lama-lama air jadi makin naik, karena hujan gak berhenti. Air yang dari atas imbasnya ke bangunan BPTP, pembatas pun ambrol," ujarnya saat ditemui detikcom, Minggu (10/2/2019).

Selain itu, kata Endang, air masuk ke ruangan-ruangan di Balai seperti bangunan fungsional, ruang kepala balai, ruang satpam, ruang laboratorium, dapur dan mess.

"Kalau untuk ruangan yang paling parah kerusakannya itu di bagian dapur sama mess, karena selain air, barang-barang yang di atas pun ikut terbawa," katanya.

Lebih lanjut Endang mengatakan saat bencana datang di mes terdapat beberapa orang. Namun, tidak sampai ada korban jiwa.

"Kebetulan semalam di mes ada beberapa orang, dan Alhamdulillah semua selamat. Mereka langsung lari ke musala," ujarnya.
Balai Proteksi Perkebunan Jabar Rusak Diterjang Air Tanggul JebolFoto: Anggi Muliawati
Endang mengaku sejauh ini belum ada berkas-berkas di Balai yang hanyut terbawa air. "Kalau kebawa air sih belum ketahuan ya, ada atau gak adanya. Paling yang basah kena air," ucapnya.

Air yang sempat meninggi itu mulai berangsur surut hingga sebetis orang dewasa sekitar Minggu pagi sekitar pukul 4.00 WIB.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed