DetikNews
Rabu 30 Januari 2019, 19:06 WIB

Terungkap, Wawan Pulang Kampung Saat OTT Kalapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Terungkap, Wawan Pulang Kampung Saat OTT Kalapas Sukamiskin Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Misteri hilangnya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan saat operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen terungkap. Wawan ternyata pulang kampung ke Serang, Banten saat OTT berlangsung.

Semua itu bermula pada 16 Juli 2018, empat hari sebelum OTT KPK. Suami dari Airin Rachmi Diany itu mengaku izin berobat ke klinik di Jalan Merdeka untuk berobat sakit gigi.

Saat itu, dia pergi dari Lapas Sukamiskin ke Rumah Sakit Hermina. Di rumah sakit tersebut, ia lalu berpindah mobil menggunakan mobil pribadi yang dikemudikan Ari Arifin, eks narapidana Lapas Sukamiskin yang disebut menjadi tahanan pendamping (tamping).

"Setelah ganti mobil, terus dijemput Ari ke Suryalaya untuk ambil mobil," kata Wawan.

Rumah di Suryalaya dalan dakwaan Wahid disebut merupakan rumah Ratu Atut, kakak kandung Wawan. Namun Wawan menyebut rumah tersebut milik orang tuanya yang saat ini kosong.

Dari rumah tersebut, Wawan lalu pergi menuju ke Rumah Sakit Santosa. Dari sana, Wawan lantas menuju ke klinik di Jalan Merdeka.

"Sempat (setelah) dari dokter gigi, ke (Hotel) Grand Mercure dulu," kata dia.



Wawan lalu meminta Ari untuk pergi ke Rumah Sakit Rosella Karawang. Ari diminta untuk mengurus administrasi sebab Wawan akan berobat ke sana. Wawan lalu membayar biaya sebagai deposito sebesar Rp 10 juta.

"Kenapa harus bayar deposit? Kan biasanya kalau deposit untuk rawat inap?," tanya jaksa.

"Ya antisipasi saja takutnya saya dirawat," kata dia.

Pada malam harinya, dia pun menuju ke Rumah Sakit Rosella diantar oleh sopir rekanannya. Namun dalam perjalanan, Wawan mengaku mendapat telepon bahwa ibunya sakit. Wawan lalu mengalihkan perjalanannya menuju ke Serang Banten tanpa ke Rumah Sakit Rosella terlebih dahulu.

"Ya (harusnya) saya dirawat, terus ada dikasih tahu ibu sakit. Saya langsung ke sana," kata Wawan.



Wawan beberapa hari berada di Serang Banten. Hingga akhirnya dia mendapat kabar dari Ari Arifin bahwa ada OTT. Sehari setelah OTT, Wawan mengaku sudah ada di Lapas Sukamiskin.

"Paginya itu saya sudah ada di sana (Lapas Sukamiskin)," kata dia.

Wawan dan Fuad Amin sempat hilang saat KPK melakukan OTT. KPK sampai-sampai menggembok sel mereka berdua.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed