Ragam Harapan Kreator di Tengah Isu Pungli Gedung Kreatif Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 21:20 WIB
Gedung Bandung Creative HUB. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Di tengah kondisi Bandung Creative HUB (BCH) yang seolah 'mati suri' karena masalah pengelolaan serta isu pungutan liar (pungli), masih ada harapan dari para kreator untuk terus berkarya di Kota Bandung.

Sosok kreatif Kota Bandung Dadan Ruskandar atau yang lebih dikenal dengan Dadan Ketu berharap pemerintah segera mengambil tindakan dengan kondisi BCH saat ini. Terlebih mengenai isu pungli yang kini tengah merebak.

"Kalau pun ada pungli segera ditindak supaya komunitas kreatif tetap percaya untuk memakai tempat itu. Tidak ada kekhawatiran dan dibuat nyaman untuk berkreasi," ujar Dadan yang juga mengurusi Sub Design Store di BCH, Jalan Laswi, Rabu (15/1/2019).


Dadan masih ingat betul bagaimana ia bersama teman-temannya jatuh bangun dari awal untuk membuat hidup BCH. Terlebih dalam meyakinkan para komunitas untuk mau beraktivitas di gedung BCH.

Suara Harapan Kreator di Tengah Isu Pungli Gedung Kreatif BandungGedung Bandung Creative HUB di Jalan Laswi. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Selain itu Dadan berharap pemerintah segera membuat regulasi yang disesuaikan. Salah satunya adalah tidak melarang adanya transaksi jual beli. Sebab di BCH terdapat ruang ekonomi kreatif yang tidak hanya memamerkan karya tapi juga bisa dibeli.

"Kalau di design store, display memamerkan barang kreatif. Tetapi tidak boleh ada transaksi. Memang terhambat dari situ. Perlu ada pemecahan di situ. Orang punya karya, punya produk, bisa jualan di situ," katanya.


Harapan juga dilontarkan oleh penggiat literasi dan komunitas dongeng, Claudine Patricia. Semula dia mengelola perpustakaan di BCH. Caludine mulai mengumpulkan buku-buku hingga mencapai 2 ribu buah dan menggelar kegiatan rutin tiga minggu sekali.

"Awalnya banyak anak-anak, warga sekitar yang hanya main saja ke BCH. Lama-lama mereka mulai masuk ke perpustakaan dan baca-baca buku," katanya.

Suara Harapan Kreator di Tengah Isu Pungli Gedung Kreatif BandungSuasana di luar Gedung Bandung Creative HUB. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Ia berharap awal yang baik itu bisa terus bergulir dengan adanya peran pengawasan dan regulasi untuk menjadikan BCH sebagai pusat kreatif anak muda di Kota Bandung.

Eks koordinator kegiatan BCH, Febby Lorentz, sebagai bagian dari kreator Kota Bandung tak akan patah semangat dalam berkreasi. Ia menyebut tak ada batasan bagi seorang kreator untuk berkarya apalagi tergantung pada pemerintah.

"Kalau bisa disebut sekarang kita terusir dari sana, bukan berarti kita padam. Kita akan terus ada, dan sekarang mencari tempat baru," ujar Febby.

(tro/bbn)