DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 11:34 WIB

Ribuan Milenial di Cirebon Komitmen Tertib Berlalu Lintas

Sudirman Wamad - detikNews
Ribuan Milenial di Cirebon Komitmen Tertib Berlalu Lintas Ribuan pelajar ikut safety road festival di Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon - Sebanyak 3.000 pelajar mengikuti deklarasi Milenial Road Safety Fesvital yang digagas Polres Cirebon. Festival tertib berlalu lintas itu dilatarbelakangi masih tingginya pelanggaran lalulintas di kalangan pelajar.

Kegiatan Milenial Road Safety Fesvital meliputi senam gatur lalu lintas, sosialisasi, deklarasi dari ribuan pelajar berkomitmen tertib berlalu lintas.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyebutkan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan kalangan milenial atau pelajar dan mahasiswa mencapai 15.287 pelanggaran setara 36,97 persen dari pelanggaran yang ada selama tahun 2018 yakni 41.541 pelanggaran.

"Untuk pelanggaran yang melibatkan pelajar selama 2018 itu mencapai 7.302 pelanggaran. Sedangkan mahasiswa itu pelanggarannya mencapai 7.985 pelanggaran. Totalnya 15.287 pelanggaran," ucap Suhermanto usai deklarasi Milenial Road Safety Fesvital di SMAN 1 Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (13/1/2019).

Suhermanto mengatakan festival tertib lalulintas bagi kalangan milenial merupakan langkah untuk menekan angka kecelakaan. Pasalnya, lanjut dia, kecelakaan merupakan salah satu faktor tingginya angka kematian di Indonesia, selain penyakit jantung, paru-paru, TBC, dan diabetes.

"Kita jelaskan materi tentang tertib berlalu lintas. Ini merupakan program Korlantas Polri untuk sosialisasi keamanan dan ketertiban saat berkendara. Alhamdulillah responnya cukup bagus," katanya.

Suhermanto berharap kalangan remaja, khususnya pelajar dan mahasiswa di Cirebon memiliki pengetahuan tentang berkendara dan berlalu lintas yang aman. "Acara puncak festival ini akan dilakukan serentak di Indonesia pada 31 Maret nanti. Sekarang kita fokus sosialisasi," katanya.

Di tempat yang sama, Iwan salah seorang peserta deklarasi mengapresiasi festival tertib berlalu lintas bagi kalangan milenial. Dengan adanya festival tersebut, dikatakan Iwan, para remaja bisa mengetahui tentang cara berkendara dan berlalu lintas yang aman.

"Ya kita jadi tahu juga. Terus juga kan, milenial itu banyak banget yang menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil. Baguslah program seperti ini, mendekatkan milenial dengan polisi juga," kata pelajar SMAN 1 Sumber itu.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed