DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 15:28 WIB

Jadi Kurir Narkotik, Pria Cianjur Terancam 20 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jadi Kurir Narkotik, Pria Cianjur Terancam 20 Tahun Bui Foto: Nugroho/detikcom
Bandung - Seorang pria warga Cianjur terancam hukuman 20 tahun bui. Yanyan (29) pria tersebut dihukum karena menjadi kurir sabu-sabu.

Dalam surat dakwaan yang diterima detikcom pada Jumat (11/1/2019), Yanyan didakwa membawa sabu-sabu seberat 1,11 gram. Dakwaan itu sudah dibacakan jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar kemarin.

"Terdakwa terbukti tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara, menyerahkan narkotika golongan satu bukan tanaman, sebanyak 4 paket sabu seberat 1,11 gram," ucap jaksa Kejati Jabar Tedy Setiawan.

Dalam surat dakwaan, perkara Yanyan terjadi pada bulan Agustus lalu. Saat itu, pria pengangguran tersebut dihubungi oleh seseorang bernama Jon Key yang saat ini statusnya daftar pencarian orang (DPO).

Pria diujung telepon tersebut, meminta Yanyan mengambil sabu-sabu di kawasan Ciganea, Purwakarta dan mengantar ke sebuah tempat. Yanyan menyanggupi dan mengambil barang 'haram' yang tersimpan di dekat tiang reklame. Sabu-sabu itu ditemukan Yanyan dalam sebungkus rokok.

"Sambil berjalan dilihat isinya, dan ternyata benar ada empat paket plastik bening berisi sabu," katanya.

Yanyan lantas mengantongi sabu-sabu itu dan pergi ke rumah neneknya di Cianjur. Namun dalam perjalanan, Yanyan justru ditangkap personel Direktorat Narkoba Polda Jabar.

Yanyan dijerat pasal 114 ayat (1) sebagaimana dakwaan primair, pasal 112 ayat (1) dakwaan subsidair, dan pasal 127 ayat (1) hurup a undang-undang No 35 tahun tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancamannya maksimal 20 tahun penjara, dan minimal enam tahun," kata Tedy.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed