DetikNews
Selasa 18 Desember 2018, 18:46 WIB

20 Gunung Api Status di Atas Normal, PVMBG Warning Wisatawan

Mochamad Solehudin - detikNews
20 Gunung Api Status di Atas Normal, PVMBG Warning Wisatawan Foto: Gunung Agung 3 Juli 2018, pukul 09.32 Wita (Dok PVMBG)
Bandung - Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan pemantauan khusus terhadap gunung api yang kerap menjadi tujuan wisata saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Kristianto mengatakan saat ini ada 20 gunung api di Indonesia dengan tingkat aktivitasnya di atas normal. Dari jumlah tersebut satu berstatus awas, dua siaga dan 17 lainnya berstatus waspada.


"Untuk gunung api yang berstatus awas itu Gunung Sinabung, status siaga Gunung Agung dan Soputan," katanya di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018).

Selama musim libur akhir tahun pihaknya akan memantau gunung api selama 24 jam. Terutama gunung api yang menjadi tujuan wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Dieng, Bromo, Papandayan dan gunung api lainnya.

"Peringatan-peringatan dini berupa rekomendasi di gunung api. Kita beri arahan untuk tetap hati-hati dan koordinasi dengan PVMBG atau di pos-pos pengamatan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberi imbauan bagi masyarakat yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2019 di gunung. Pertama agar memperhatikan aktivitas atau status gunung yang akan dikunjungi.

"Meski tenang, rekomendasi teknis seperti apa. Karena meski tenang, ada area-area yang tidak boleh dikunjungi. Kita beri rekomendasi berdasarkan potensi ancaman bencana," ucapnya.


Selain itu, pihaknya juga meminta agar pihak pengelola wisata aktif berkoordinasi dengan PVMBG dan pos pemantauan. Pihak pengelola juga harus memasang papan peringatan agar bisa lebih diwaspadai warga.
(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed