DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 14:08 WIB

Polres Cirebon Bidik Distributor yang Mainkan Harga Sembako

Sudirman Wamad - detikNews
Polres Cirebon Bidik Distributor yang Mainkan Harga Sembako Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto saat sidak ke pasar tradisional. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Satgas Pangan Polres Cirebon bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Cirebon menggelar sidak sejumlah pasar tradisional terkait ketersediaan dan harga sembako menjelang Natal 2108 dan Tahun Baru 2019.

Sidak tersebut berlangsung di Pasar Sumber dan Pasar Pasalaran Weru. Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyebutkan dari hasil sidak itu ketersediaan komoditas bahan pokok di dua pasar tradisional itu masih bisa untuk memenuhi kebutuhan saat momen libur akhir tahun bertepatan Natal dan pesta tahun baru.

"Kita lihat bahwa ketersediaan bahan pokok masih mencukupi," kata Suhermanto usai sidak di Pasar Pasalaran Weru, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/12/2018).


Suhermanto mengungkapkan sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan, namun tak terlalu signifikan. Bahkan, lanjut dia, ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga, seperti daging ayam, yang sebelumnya Rp 36.000 per kilogram menjadi Rp 34.000 per kilogram.

Dia menjelaskan untuk harga telur mengalami kenaikan dari Rp 21.000 per kilogram menjadi Rp 26.000 per kilogram. "Ada kenaikan tapi tak signifikan. Yang naik itu telur, sayuran fluktuatif," kata Suhermanto.

Pihaknya bakal menindak tegas para pedagang dan distributor yang membandel, memainkan harga bahan pokok menjelang libur akhir tahun ini. "Kalau ada oknum produsen dan distributor yang memainkan harga akan kita tindak secara hukum. Kita akan terus pantau," tutur Suhermanto.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed