DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 17:40 WIB

Tunggu Izin Kemendagri, Bupati Anna Sophanah Belum Bisa Diganti

Sudirman Wamad - detikNews
Tunggu Izin Kemendagri, Bupati Anna Sophanah Belum Bisa Diganti Foto: Dok. Kemendagri
Indramayu - Awal November lalu publik digemparkan dengan keputusan Anna Sophanah mundur dari jabatannya sebagai Bupati Indramayu. DPRD Kabupaten Indramayu menyepakati mundurnya Anna melalui rapat paripurna.

Hingga kini Anna masih belum mendapatkan keputusan secara resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku masih menunggu surat resmi terkait keputusan diterima atau tidaknya Anna Sophanah yang memilih mundur sebagai Bupati Indramayu. Emil mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menyatakan diterima atau tidaknya keputusan Anna tersebut.

"Saya masih menunggu surat dari Kemendagri. Karena soal ini kewenangan Kemendagri. Selama suratnya belum turun saya belum bisa memberikan statemen soal kelanjutannya," kata pria yang akrab disapa Emil itu usai meluncurkan Kampung Perikanan Digital di Desa Puntang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (10/12/2018).



Emil menambahkan pihaknya akan segera melantik Wakil Bupati Indramayu Supendi jika Kemendagri menyetujui keputusan Anna Sophanah mundur dari kursi jabatannya. "Kalau disetejui, wabup akan dilantik sebagai bupati defintif," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sampai saat ini masih menunggu surat resmi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkaitan pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah. Surat dari gubernur diperlukan untuk menentukan bupati definitif.



"Belum menerima surat resmi pengajuan pengunduran diri dari bupati (Indramayu), dari gubernur," ucap Tjahjo saat ditanya soal pengunduran diri Bupati Indramayu di apel Danrem-Dandim terpusat yang digelar di Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif) Kodiklat TNI AD di Jalan Supratman, Kota Bandung, Selasa (27/11/2018).

Sekadar diketahui, Anna Sophanah Bupati Indramayu Anna Sophana melayangkan surat pengunduran diri dari jabatannya. Dia memilih mundur karena ingin fokus mengurus keluarga. DPRD Indramayu melalui rapat paripurna yang digelar Rabu (7/11/2018) menerima dan menyetujui pengunduran diri Anna. Namun Anna tidak hadir dalam rapat tersebut.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed