Begini Sosok Sensen Komara di Mata Warga Bayubud Garut

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 09 Des 2018 10:28 WIB
Warga meresahkan keberadaan Sensen Komara (Foto: Hakim Ghani)
Garut - Kehadiran Sensen Komara, pria asal Garut yang dianggap sebagai nabi dan Presiden Negara Islam Indonesia (NII) oleh para pengikutnya membuat resah warga Kampung Bayubud, Desa Sindangpalay, Karangpawitan, Garut. Begini sosok Sensen di mata masyarakat.

Muhammad Ihfadillah, ketua RW 02, tempat tinggal Sensen mengatakan, Sensen merupakan warga pendatang. Ia mulai tinggal di Kampung Bayubud sejak tahun 2006.

"Awalnya biasa saja, tidak ada yang aneh. Sama seperti masyarakat lain bersosialisasi," ujar Ihfa kepada wartawan di Masjid Al-Manbaurhair, Desa Sindangpalay, Sabtu (08/12/2018).

Sensen tinggal bersama sejumlah keluarganya. Warga tak pernah menyangka Sensen merupakan sosok yang dianggap nabi oleh para pengikutnya. Hanya saja, Sensen pernah mengaku dirinya sebagai presiden.

"Kalau 17 agustusan, setiap agustusan kita kan ada acara. Pak Sensen kalau di rumahnya kita tempatkan bendera merah putih selalu bilang 'gausah pasang bendera-bendera gini, saya kan presiden di sini'. Setiap tahun pasti begitu," katanya.


Setelah dua tahun tinggal di Kampung Bayubud, Sensen mulai tertutup. Warga mulai melihat adanya keanehan di kediaman Sensen. Ihfa mengatakan, setiap malam Jumat ada kegiatan di rumah Sensen.

"Gatau kegiatannya seperti apa, tapi yang pasti ada. Yang datang ke rumahnya bukan warga sini, mereka pendatang," ujar Ihfa.

Kehadiran Sensen di Kampung Bayubud dirasa meresahkan. Warga khawatir nama kampungnya tercoreng dengan kehadiran Sensen. Warga berharap Sensen tak lagi tinggal di kampung mereka.

"Kami resah. Kalau bisa diasingkan saja," ujar salah seorang tokoh masyarakat Kampung Bayubud, Budi Rahadian kepada wartawan di tempat yang sama.



Tonton juga ' Evie Effendi Dipolisikan Gara-gara Ceramah 'Nabi Muhammad Sesat' ':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)