DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 18:30 WIB

Wawan Suap Kalapas Sukamiskin buat 'Ngamar', Masih Sampai Sekarang?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Wawan Suap Kalapas Sukamiskin buat Ngamar, Masih Sampai Sekarang? Foto: Ari Saputra
Bandung - Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan disebut menyuap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen untuk ngamar bersama teman wanitanya di hotel. Masihkah hal itu dilakukan suami Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany hingga saat ini?

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan sejak operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Wahid Husen atas suap perizinan, Wawan belum pernah lagi mengajukan izin keluar Lapas Sukamiskin.

"Selama saya bertugas, sepertinya yang bersangkutan belum pernah membuat permohonan izin keluar lapas," ucap Tejo kepada detikcom via pesan singkat, Rabu (5/12/2018).



Tejo sendiri baru menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin sejak KPK melakukan OTT.

Tejo mengatakan apabila ke depannya Wawan mengajukan izin, proses pengajuan hingga disetujui akan dilakukan sesuai prosedur. Wawan akan disidang oleh tim pengamat pemasyarakatan (TPP).

"Kalaupun ada akan dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku melalui sidang TPP dan dengan pengawalan petugas kepolisian," katanya.

Suap yang dilakukan oleh suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ini terungkap dalam sidang perdana Wahid Husen di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pagi tadi. Jaksa KPK dalam dakwaannya menyebut Wawan menyuap Wahid untuk bisa menginap di hotel di Bandung bersama teman wanitanya.



Terdakwa memberi kemudahan dalam pemberian izin keluar kapas dalam bentuk izin berobat pada 16 Juli 2018 dengan alasan berobat di rumah sakit Rosela, Karawang. Padahal terdakwa mengetahui bahwa izin keluar tersebut sengaja disalahgunakan untuk menginap di luar lapas," ucap jaksa KPK Trimulyono Hendradi saat membacakan surat dakwaan.

Dalam dakwaannya, jaksa menyebut bahwa Fahmi keluar dengan cara menggunakan mobil ambulans Lapas Sukamiskin yang justru tidak mengantar ke RS Rosela Karawang melainkan ke rumah sakit Hermina Arcamanik.



Sampai di parkiran RS Hermina, Wawan berpindah mobil ke mobil pribadi yang sudah menunggu. Mobil tersebut lantas menuju rumah kakak Wawan, Ratu Atut di kawasan Suryalaya.

"Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali menuju hotel Grand Mercure Bandung dan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan kemudian menginap di hotel tersebut dengan teman wanitanya," ucap jaksa.


Saksikan juga video 'Fahmi dan Inneke Pakai Kamar 'Wikwikwik' di Lapas Sukamiskin':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed