Cerita Haru di Balik Pertemuan Adul Bocah Difabel dan Jokowi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 04 Des 2018 10:57 WIB
Adul dipangku Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat berjumpa Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)
Sukabumi - Rasa bangga dan haru dirasakan Pipin (45), ibu asuh Mukhlis Abdul Kholik alias Adul (9). Adul bocah difabel ini memiliki semangat belajar luar biasa. Dia tak mengeluh meski merangkak sejauh tiga kilometer ke sekolah.

Pipin ikut menyaksikan saat putranya didatangi Presiden Jokowi lalu digendong sebelum acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/12) kemarin. Pipin terharu ketika Adul menjawab ingin sekolah sampai kuliah saat ditanya keinginannya oleh Jokowi.

"Pak presiden nanya Adul pengen apa, anak saya jawab ingin sekolah sampai kuliah. Saat itu reaksi bapak presiden seperti kaget, saya juga sampai menangis mendengar jawaban Adul," kata Pipin sambil mengusap air mata saat ditemui di sekolah Adul, SDN 10 Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/12/2018).

Cerita Haru di Balik Pertemuan Adul Bocah Difabel dan JokowiBocah difabel, Adul, tiap hari berangkat ke sekolah dengan cara merangkak menempuh perjalanan sejauh tiga kilometer. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)


Terselip rasa bangga di benak Pipin saat putranya digendong Jokowi. Dia tidak menyangka Jokowi datang menghampiri dan menanyakan keberadaan putranya.

"Enggak nyangka, pak presiden datang lalu nanyain Adulnya dimana. Anak saya itu menghampiri, lalu tiba-tiba digendong pak Jokowi. Setelah itu Adul duduk bareng bersama tamu undangan lainnya, di samping presiden ada juga pak menteri sosial," ujar Pipin.

Di Bekasi, Pipin tidak sendirian. Dia ditemani relawan sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP). Pipin mengaku tidak tahu bahwa acara itu akan dihadiri presiden. "Mimpi pun enggak, tahu-tahu ada presiden nanyain anak saya," lirihnya.

Saat itu reaksi bapak presiden seperti kaget, saya juga sampai menangis mendengar jawaban Adul.Pipin (45), ibu asuh Adul


Terkait permintaan Adul ke Jokowi soal keinginan sekolah hingga jenjang kuliah, Pipin tak menyangsikan keinginan Adul tersebut. Dia menyebut selama ini Adul memang menggebu-gebu untuk belajar.

"Kondisinya tidak melemahkan dirinya. Makanya wajar presiden juga kaget sudah melihat bagaimana semangat putra saya itu ingin terus belajar. Semoga tidak hanya setelah viral, setelah ramai di media saja, anak saya diperhatikan. Tapi sampai nanti cita-citanya tercapai. Pak presiden menjawab keinginan anak saya katanya mau mengutus orang buat mengurusi kebutuhan Adul," tutur Pipin.

(sya/bbn)