DetikNews
Selasa 27 November 2018, 15:17 WIB

Polemik Sekda, Mendagri Minta Oded Lantik Benny Dulu Baru Ganti

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polemik Sekda, Mendagri Minta Oded Lantik Benny Dulu Baru Ganti Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polemik pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung terus berlanjut. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Wali Kota Bandung untuk melantik Sekda Benny Bachtiar terlebih dahulu.

"Saya kira dilantik dulu," ucap Tjahjo usai menjadi pembicara dalam apel Danrem-Dandim di Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif) Kodiklat TNI AD di Jalan Supratman, Kota Bandung, Selasa (27/11/2018).

Surat agar Oded melantik Benny pun sudah pernah dilayangkan oleh Kemendagri. Akan tetapi, Wali Kota Bandung Oded M Danial tetap 'keukeuh' menolak Benny dan ingin memilih Ema Sumarna.



Soal keinginan Oded ini, Tjahjo meminta agar Oded melantik dahulu Benny. Persoalan pergantian, bisa dilakukan usai pelantikan.

"Saya kira dilantik dulu, kalau nanti mau pergantian silakan. Memang benar Sekda itu penting karena tangan kanan kepala daerah," ucapnya.

Seperti diketahui, polemik pemilihan Sekda Kota Bandung tak menemui titik temu hingga kini. Oded ingin menolak Benny yang notabene hasil penunjukan mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Oded lebih memilih Ema untuk menjadi Sekda.



Benny dan Ema merupakan dua dari tiga calon hasil seleksi. Ema memiliki nilai tertinggi, kemudian M Salman Fauzi dan posisi terakhir Benny Bachtiar yang merupakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi.



(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed