DetikNews
Rabu 14 November 2018, 12:55 WIB

Hujan Datang, Bunga Bangkai Bermunculan di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Hujan Datang, Bunga Bangkai Bermunculan di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Musim hujan telah berlangsung selama beberapa hari. Tanah kembali subur setelah diguyur air hujan. Di Ciamis, Jawa Barat setiap musim hujan datang ada fenomena unik, dimana bunga bangkai banyak tumbuh dan ditemukan di pekarangan rumah.

Seperti dijumpai di daerah Munjul, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Sedikitnya ada 5 buah bunga ditemukan di pekarangan dan kebun warga. Bunga itu memiliki nama latin Amorphophallus.

Karena baunya, lalat kerap berkumpul dan hinggap di bunga. Bunga bangkai itu dikenal warga Ciamis sebagai bunga dari pohon suweg.

Salah seorang warga, Emung (56) menuturkan baru tahun ini melihat bunga tersebut tumbuh di lahan miliknya. Di sekitar bunga terdapat pohon suweg sejenis tanaman umbi. Bunga bangkai ternyata tidak setiap tahun tumbuh.

"Baru tahun ini saya lihat bunga bangkai ini. Tahun sebelumnya tidak ada. Ada lima bunga yang tumbuh, di halaman rumah dan di kebun singkong," ujar Emung saat ditemui ketika menunjukan bunga bangkai Rabu (14/11/2018).

Emung mengaku sebelumnya tidak menyadari keberadaan bunga tersebut. Namun ketika ia sedang ke kebun mencium bau tidak sedap. Setelah ditelusuri bau seperti bangkai hewan itu ternyata dari bunga berwarna dominan ungu.

"Baunya seperti bangkai tapi lebih kepada bau kotoran, tapi tidak setiap hari tercium hanya beberapa hari saja. Paling menyengat baunya biasanya malam hari. Bunga ini tidak lama juga layu, ini sudah ada lima hari sudah terlihat layu. Mekarnya itu di hari ke 3 sangat bagus," terangnya.

Menurut Emung, saat mekar kelopak bunga berdiameter mencapai sekitar 40 sentimeter dengan tinggi sekitar 30-50 sentimeter. Bunga bangkai ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Ciamis yang diabadikan jadi tugu di Alun-alun.

"Bunga bangkai yang tumbuh ini mirip seperti tugu air mancur di Alun-alun Ciamis," kata Emung.

Tahun-tahun sebelumnya, setiap musim hujan bunga bangkai tersebut juga banyak di jumpai di daerah Cibiru, Kecamatan Sadananya dan di Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed